KONSEP PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR KEDARURATAN JARINGAN AIR BERSIH UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK POTENSI GEMPA BUMI

Iradha, Iradha (2020) KONSEP PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR KEDARURATAN JARINGAN AIR BERSIH UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK POTENSI GEMPA BUMI. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211640000106-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08211640000106-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Surabaya memiliki potensi gempa bumi dengan kekuatan 6,0-6,9 SR yang dapat disebabkan oleh Sesar Waru. Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan infrastruktur dasar, termasuk infrastruktur air bersih. Ketiadaan air bersih di saat bencana dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit yang dapat meningkatkan jumlah korban jiwa, seperti yang terjadi di Haiti tahun 2010. Kondisi resiliensi infrastruktur Surabaya dalam keadaan normal mencapai 4,135 dari skala 5. Namun, kesiapan infrastruktur air bersihnya hanya mencapai 62 persen pada keadaan darurat. Hal ini menjadi urgensi untuk merumuskan konsep penyediaan infrastruktur air bersih, khususnya di daerah yang dikategorikan sebagai zona merah, Lakarsantri dan Sambikerep yang memiliki risiko paling tinggi dengan PGA 0,61-0,65.
Penelitian ini menggunakan pendekatan rasionalistik, dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview dengan stakeholder yang telah ditentukan dan untuk stakeholder privat diperoleh dari media masa online. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan teknik content analysis untuk menentukan kriteria. Perumusan konsep menggunakan
vi
metode triangulasi menggunakan input hasil kriteria, best practice dan peraturan. Penarikan kesimpulan melalui metode induktif.
Hasil dari penelitian ini adalah 43 kriteria dari penyediaan sumber air baku, transmisi air, pengolah air dan distribusi air bersih. Konsep penyediaan infrastruktur air bersih yang dihasilkan merupakan tahapan-tahapan untuk mencapai kriteria penyediaan infrastruktur air bersih dalam keaadaan darurat. Konsep penyediaan infrastruktur air bersih dikelompokan berdasarkan tahap manajemen risiko bencana antara lain: mitigasi, kesiapsiagaan, tangap darurat dan pemulihan. Konsep Penelitian ini menghasilkan konsep penyediaan infrastruktur air bersih yang bersifat umum, sehingga dapat digunakan pada wilayah dengan potensi gempa bumi diluar studi kasus yang telah disebutkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gempa Bumi, Infrastruktur Kedaruratan, Konsep Penyedian, Kriteria Penyediaan, Tanggap Darurat.
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH1095 Earthquakes and building
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Iradha Iradha
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:02
Last Modified: 28 May 2023 14:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79788

Actions (login required)

View Item View Item