Simulasi Penggunaan Fins Undership Terhadap Tahanan Dan Gaya Dorong Kapal Dengan Metode Analisa Cfd

Susilo, Joko (2014) Simulasi Penggunaan Fins Undership Terhadap Tahanan Dan Gaya Dorong Kapal Dengan Metode Analisa Cfd. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4210100024-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4210100024-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview

Abstract

Desain lambung kapal di masa ini banyak mengalami
modifikasi, modifikasi yang dilakukan sangat memperhatikan
nilai hambatan yang terjadi ketika lambung kapal mengalami
modifikasi. Tahanan total sangat diperhatikan karena semakin
kecil tahanan total maka semakin kecil pula gaya dorong yang
dibutuhkan untuk menggerakkan kapal tersebut, sehingga
keuntungan dapat didapatkan dari segi penghematan tenaga
penggerak kapal. Penambahan variasi sirip (fin) pada area
bawah lambung kapal merupakan sebuah metode yang
digunakan untuk mengubah besarnya nilai tahanan dan gaya
dorong yang ditimbulkan oleh kapal. Tujuan penambahan dan
pengaturan posisi sirip pada area bawah lambung kapal adalah
untuk mengetahui pengaruhnya terhadap nilai gaya dorong dan
tahanan kapal. Perhitungan tahanan dapat dilakukan secara
manual serta melalui metode simulasi Computational Fluid
Dynamics (CFD). Penambahan sirip pada area bawah lambung
kapal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan
gaya dorong dan tahanan kapal. Hasil simulasi CFD
menunjukkan presentase perubahan nilai tahanan sebesar
0.19% dan kenaikan gaya dorong sebesar 0.98% untuk tipe
sirip tunggal 01A. Kenaikan gaya dorong terbesar didapatkan
dari sirip ganda tipe 02B, yaitu sebesar 1.02%
===========================================================================================
In recent times, ship hull design have undergone many
modifications. These modifications are based on the total
resistance value, which becomes important since a smaller total
resistance value means less thrust is needed to propel the ship.
Therefore, an advantage can be obtained in terms of saving
energy used for ship propulsion. The addition of fin variations
below the ship hull area is one method used to change the
resistance and thrust values generated by the ship. The purpose of
adding and setting the fin position below the ship hull area is to
determine its effect on the value of thrust force and the ship
resistance. The calculation of ship resistance value was done both
manually and also through Computational Fluid Dynamics (CFD)
simulations. Results show that the addition of fins below the ship
hull area does not significantly influence changes in thrust force
and ship resistance. However, CFD simulation results show a
change of 0.19% in resistance value and a thrust force increment
of 0.98% for a single fin type 01A. The largest increase of ship
thrust value of 1.02% was obtained from the use of a double fin
type 02B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.106 4 Jok s
Uncontrolled Keywords: Sirip, gaya dorong, Tahanan Kapal, CFD
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:05
Last Modified: 28 Sep 2020 06:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82056

Actions (login required)

View Item View Item