Estimasi Biaya, Waktu dan Metode Pelaksanaan Menggunakan Metode Launcher Girder Pada Jembatan Kali Sumantri STA 441 + 425 Sampai Dengan STA 441 + 762 Pada Proyek Jalan Tol Batang Semarang Seksi 4

Gayatri, Ajeng (2021) Estimasi Biaya, Waktu dan Metode Pelaksanaan Menggunakan Metode Launcher Girder Pada Jembatan Kali Sumantri STA 441 + 425 Sampai Dengan STA 441 + 762 Pada Proyek Jalan Tol Batang Semarang Seksi 4. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111510000019-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111510000019-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (30MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan jalan tol Batang – Semarang merupakan
salah satu jalan tol trans jawa yang merupakan upaya pemerintah untuk
memajukan Indonesia dalam bidang infrastruktur transportasi. Proyek
ini dilaksanakan oleh PT. Waskita Karya sebagai kontraktor dan PT.
Virama Karya sebagai konsultan pengawas. Jalan tol ini membentang
sepanjang 75 km dari kabupaten Batang hingga kota Semarang dan
terbagi menjadi 5 seksi. Salah satu bangunan struktur yang terdapat pada
jalan tol ini adalah Jembatan Kali Sumantri yang terletak pada STA 441
+ 425 sampai dengan STA 441 + 762 di seksi 4.
Pelaksanaan jembatan Kali Sumantri ini direncanakan dengan
metode lifting girder menggunakan crane. Namun penulis akan
merencanakan jembatan ini dilaksanakan menggunakan metode
launcher. Agar mendapatkan perhitungan biaya, waktu, dan
produktivitas yang tepat dan sesuai, digunakan HSPK Kota Semarang
tahun 2019 sebagai acuan. Serta mengambil referensi dari berbagai
literatur mengenai perhitungan biaya dan waktu. Hasil akhir dari tugas
akhir ini adalah rekapitulasi metode pelaksanaan, rencana anggaran
biaya (RAB) serta kurva S yang menunjukkan waktu pelaksanaan.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah metode
pelaksanaan pekerjaan, waktu pembangunan jembatan yaitu selama 660
hari, serta memakan biaya sebanyak Rp. 109,658,824,964.24.
====================================================================================================
The construction of Batang – Semarang toll road is one of
the trans java toll road which is the government’s effort on
advancing Indonesia in the transportation infrastructure sector.
This project is done by PT. Waskita Karya as contractor and PT.
Virama Karya as supervisor consultant. This toll road is 75 km
long from Batang to Semarang city and is divided into 5 section.
One of the structural construction is the Kali Sumantri Bridge on
STA 441 + 425 – 441 + 762 at section 4.
The Kali Sumantri Bridge is planned on lifting with crane
method. Writer will plan the Kali Sumantri Bridge using launcher
method. To get the precise and accurate planning of time, cost
and productivity, HSPK Kota Semarang 2019 is used as
reference. Also from other literatures about time and cost
calculation. The results from this final project are recapitulation
of implementation methods, real estimate of cost and S curve that
shows project duration.
The result from this final project are implementation
method , duration of project which took 660 days and costed Rp
109,658,824,964.24

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: i: Jalan Tol, Jembatan, Metode Launcher Girder, Biaya, Waktu, Toll road, Bridge, Launcher Method, Time, Cost.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction.
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Ajeng Gayatri
Date Deposited: 09 Mar 2021 20:44
Last Modified: 11 Jun 2024 09:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83932

Actions (login required)

View Item View Item