Perancangan Video Musik “Shut It Out” Dengan Tema Satir Untuk Meningkatkan Eksposur Media Sosial Band Indie “Electric Bird”

Hikmatullah, Muhammad Muzakki (2021) Perancangan Video Musik “Shut It Out” Dengan Tema Satir Untuk Meningkatkan Eksposur Media Sosial Band Indie “Electric Bird”. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311640000039-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311640000039-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Electric Bird merupakan Band Indie yang akan merilis lagu terbarunya “Shut It Out” pada tahun 2021. Namun dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 dan larangan live performance, mereka memfokuskan penggunaan media sosial.Platform music streaming terbesar adalah YouTube dengan konten yang paling
banyak dicari user adalah video music yaitu sebesar 95%. Video musik dengan tema cerita satir dapat meningkatkan engagement dikarenakan kontennya yang kontroversional. Pesan kritik yang dibawa membuat video music dapat terdistribusi
pada kalangan masyarakat. Perancangan video music dengan tema satir ini bertujuan untuk meningkatkan eksposur band independent Electric Bird pada media sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah empat depth interview, Focus group discussion, studi experimental, recce, pre-production meeting dan Kuisioner post�test. Depth Interview I dilakukan dengan band untuk mengenal lagu “Shut It Out”.
Depth interview II mencari data pada pengaruh media dan partnership pada eksposur rilisnya video musik. Depth Interview III dilakukan untuk mencari data mengenai tata cara proses produksi. Depth Interview IV menjalin partnership dengan PH People Film. Focus group discussion mencari referensi mengenai video musik. Studi experimental membuat script dan storyboard yang di asistensikan kepada partisipan FGD. Penelitian Recce obsevasi lokasi syuting bersama crew produksi dan dilanjutkan pre-production meeting untuk membahas konsep teknis bersama crew. Kuisioner post-test digunakan untuk memvalidasi kepuasan respon dari target audien pada video musik.
Video musik ini merupakan kompilasi antara performa band dan narasi cerita. Narasi cerita bertemakan satir ini disampaikan melalui plot corruption arc dengan menggunakan teori “Story Circle” Dan Harmon sebagai struktur landasa. Production Design pada video music ini bertujuan untuk menyampaikan pesan kritik melalui semiotika set, dekorasi, kostum dan properti yang bersifat simbolik dengan tema.
Sementara cinematography, warna dan editing berfokus untuk membangun mood emosi lagu pada music video. Diperlukannya upaya untuk meningkatkan awareness target audien supaya mereka dapat mengkonsumsi video music “Shut It Out”. Sehingga merancang strategi distribusi untuk meningkatkan awareness target audien melalui media pendukung, partnership dan press conference.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Music Video, Shut It Out, Satirical-Theme Exposure, Electric Bird
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
M Music and Books on Music > M Music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1992.94 Video recordings--Production and direction.
T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Muzakki Hikmatullah
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:18
Last Modified: 06 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90997

Actions (login required)

View Item View Item