Evaluasi Niat Pembelian Alat Elektronik pada Aplikasi Web, AR, dan VR dengan Technology Acceptance Model

Khosasih, Mikhael Ming (2021) Evaluasi Niat Pembelian Alat Elektronik pada Aplikasi Web, AR, dan VR dengan Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6025201015-Master_Thesis.pdf] Text
6025201015-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 6025201015-Master_Thesis.pdf] Text
6025201015-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 6025201015-Master_Thesis.pdf] Text
6025201015-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan membandingkan pengaruh penggunaan aplikasi web, AR, dan VR terhadap niat pembelian dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Latar belakang dari penelitian ini berawal dari pandemi Covid-19 yang membuat pertumbuhan dan perkembangan industri e-commerce meningkat pesat. Saat ini e-commerce di Indonesia masih banyak menggunakan website atau aplikasi web dua dimensi. Padahal penggunaan aplikasi tiga dimensi seperti AR dan VR memiliki peluang yang sangat besar untuk diterapkan ke dalam e-commerce. Penelitian ini melibatkan 50 partisipan untuk mencoba tiga jenis aplikasi (web, AR, dan VR). Selanjutnya para partisipan akan mengisi kuesioner secara daring. Penelitian ini menggunakan S-O-R framework sebagai dasar model penelitian dan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk melihat pengaruh dan perbandingan dari ketiga aplikasi tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi web memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian seseorang. Sebaliknya aplikasi VR tidak memiliki pengaruh terhadap niat pembelian seseorang. Sedangkan aplikasi AR memiliki pengaruh positif tetapi tidak sebesar aplikasi web.
====================================================================================================
This research aims to know and compare the purchase intention on the web, AR, and VR applications using Technology Acceptance Model (TAM). The background of this research is mainly due to the Covid-19 pandemic that makes the e-commerce industry grows rapidly. Nowadays, most ecommerce in Indonesia uses 2D websites or website applications. Although, the use of 3D application such as AR and VR can be applied in e-commerce. This research involved 50 participants trying three different applications (web, AR, VR) and filling out online questionnaires. This research used the S-O-R framework as a research model. Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) was used to look for and to compare the effects resulting from the apps. The finding indicates that web applications had a powerful impact on purchase intention. VR application didn’t have an effect to purchase intention. AR application had a positive effect but was not higher than a web applications.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: niat pembelian, realitas augmentasi, realitas virtual, TAM, website, augmented reality, purchase intention, TAM, virtual reality, website
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mikhael Ming Khosasih
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:26
Last Modified: 04 Feb 2022 01:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/92745

Actions (login required)

View Item View Item