Evaluasi Perkerasan Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda

Nisa, Umi Choirun (2022) Evaluasi Perkerasan Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 10111710010105_Umi Choirun Nisa_Laporan Revisi (Sudah Distempel).pdf] Text
10111710010105_Umi Choirun Nisa_Laporan Revisi (Sudah Distempel).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung
Pranoto Samarinda merupakan bandar udara yang terletak di
Samarinda, Kalimantan Timur. Bandara ini menggantikan Bandara
Teminggung yang sudah tidak memenuhi standar keselamatan
penerbangan. Bandara APT Pranoto sendiri dalam aktivitasnya telah
beberapa kali mengalami kerusakan terutama pada fasilitas sisi udara,
yakni taxiway dan runway sehingga menyebabkan penundaan jadwal
penerbangan dan penutupan sementara. Mengingat Keputusan Menteri
Perhubungan No 166 tahun 2019 tentang perubahan hierarki Bandara
APT Pranoto dari bandara pengumpan menjadi bandara pengumpul
sekunder. Hal ini tentunya secara tidak langsung akan memengaruhi
jumlah layanan penerbangan yang lebih besar sehingga berpotensi pada
penambahan rute dan jam terbang pesawat. Untuk itu diperlukan
evaluasi terhadap hal tersebut khusuanya pada fasilitas sisi udara.
Dikarenakan hal tersebut sangat penting dalam menunjang aktivitas
bandara.
Analisis dilakukan dengan cara mengevaluasi kekuatan
perkerasan Runway, Taxiway, dan Apron menggunakan metode
perbandingan ACN terhadap PCN sesuai dengan FAA Advisory Circular
AC 150/5335-5C. Nilai ACN dihitung menggunakan tiga metode yaitu
Aircraft Manufacturer, menggunakan Program COMFAA, dan menggunakan tabel Canadian Department of Transportation. Nilai ACN
yang telah dihitung kemudian dibandingkan dengan nilai PCN
perkerasan Runway, Taxiway, dan Apron Bandara Udara. Kemudian
dilakukan evaluasi terhadap nilai CDF. Sand Patch Test juga dilakukan
untuk mengetahui tingkat kekesatan pada permukaan. Selanjutnya
dilakukan perhitungan tebal overlay menggunakan dua metode yaitu
metode klasik dan program FAARFIELD dan perhitungan PCN dengan
program COMFAA.
Hasil analisa dan perhitungan yang telah dilakukan
menunjukkan jika pesawat yang beroperasi saat ini masih memenuhi
ketentuan penerbangan (ACN<PCN) pada runway, taxiway, dan apron.
Kecuali untuk pesawat rencana Airbus A330-200 tidak memenuhi. Untuk
hasil evaluasi nilai CDF tidak memenuhi (CDF>1). Untuk hasil
pengetesan Sand Patch Test menunjukkan keadaan runway yang licin.
Perhitungan struktur dan PCN juga dilakukan dengan metode klasik dan
program FAARFIELD dan COMFAA. Untuk tebal perkerasan dengan
metode klasik menghasilkan ketebalan 89cm (890mm) dan PCN 82,3
sedangkan dengan program FAARFIELD menghasilkan ketebalan 91 cm
(910 mm) dan PCN 91,0. Runway juga direncanakan akan ada
perpanjangan sebanyak 740m dengan total tebal perkerasan 89cm.
Untuk rencana anggaran biaya untuk overlay dan perpanjangan runway
yaitu sebesar Rp66.405.724.068. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai
acuan untuk melakukan perbaikan pada Runway Bandar Udara
Internasional Samarinda
Kata Kunci: Bandar Udara, ACN, PCN, Sand Patch Test, COMFAA,
FAARFIELD, Overlay
====================================================================================================
Aji Pangeran Tumenggung Pranoto International Airport is an
airport located in Samarinda, East Kalimantan. This airport replaces
Temindung Airport which no longer meets aviation safety standards. APT
Pranoto Airport itself in its activities has been damaged several times,
especially on air side facilities taxiway and runway, and causing flight
schedule delays and temporary close. In view of the Minister of
Transportation Decree No.166 of 2019 regarding the change in the
hierarchy of APT Pranoto Airport from a feeder airport to a secondary
collection airport. Thisof course will indirectly affect a larger number
flight services so that it has the potential to increase flight routes and
flight hours. For this reason, it is necessary to evaluate this matter,
especially on the air side, because this is very important in supporting
airport activities.
The analysis was carried out by evaluating the pavement
strength of Runway, Taxiway, and Apron using the ACN-PCN
comparison method according FAA Advisory Circular 150/5335-5C. The
ACN values is calculated in 3 ways, which ic Aircraft Manufacture, using
COMFAA program, and using the Canadian Department of
Transportation table. Then the ACN results were compared with the PCN
values on Runway, Taxiway, and Apron. Then an evaluation of the CDF
value will be carried out. The Sand Patch Test is needed to determine the level of roughnesson the pavement surface. After calculated ACN-PCN
comparison analysis then calculated the overlay thickness using the
classic method and FAARFIELD program and PCN calculated by
COMFAA program.
The results of the analysis and calculations that have been
carried out show that the aircraft currently operating still meet the flight
requirements (ACN-PCN) on the runway, taxiway, and apron. Except for
the planes Airbus A330-200 does not comply. For CDF result do not meet
the requirements (CDF>1) To the results of Sand Patch Test shows that
the runway is slippery. The calculation of the structure and PCN using
the classical method and using the FAARFIELD and COMFAA
programs. From pavement thickness the classical method produces a
thickness 89cm (890mm) and PCN 82,3 and FAARFIELD program
produces a thickness of 91 cm and PCN 91,0. The runway is also planned
to have an extension of 740m. with total pavement thickness is 89cm. And
for the budget plan for overlays and runway extensions is
Rp66.405.724.068. These results can be used as a reference for
conducting repairs on the APT Pranoto Airport.
Keyword: ACN, PCN, Airport, Sand Patch Test, COMFAA,
FAARFIELD, Overlay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bandar Udara, ACN, PCN, Sand Patch Test, COMFAA, FAARFIELD, Overlay, ACN, PCN, Airport, Sand Patch Test, COMFAA, FAARFIELD, Overlay
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Umi Choirun Nisa
Date Deposited: 17 Feb 2022 05:14
Last Modified: 17 Feb 2022 05:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94105

Actions (login required)

View Item View Item