Analisis Banner Location Dan Banner Blindness Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Eye Tracking

Pradana, Moh. Ginanjar (2015) Analisis Banner Location Dan Banner Blindness Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Eye Tracking. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100057-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
5211100057-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 5211100057-Presentation.pdf]
Preview
Text
5211100057-Presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banner blindness merupakan suatu fenomena yang nyata
terjadi. Banner blindness muncul ketika banyak pengguna
internet mulai mengabaikan banner-banner iklan yang ada.
Banyak studi yang telah dilakukan untuk menemukan faktorfaktor
apa saja yang mempengaruhi banner blindness ini.
Namun banner blindness sendiri belum mendapat perhatian
khusus di Indonesia. Hal ini, dapat dilihat dari sedikitnya
studi yang membahas banner blindness tersebut.
Portal Berita Online merupakan website yang berisi berbagai
macam berita atau artikel menarik dan cukup diminati oleh
masyarakat Indonesia untuk mendapatkan berita-berita
terbaru. Penelitian ini akan mengukur perbedaan banner
location pada portal berita online Detik.com. Dengan itu,
fenomena banner blindness dapat juga diketahui apakah ada
atau tidak. Subyek dari penelitian tersebut adalah mahasiswa
yang dibagi menjadi 2 segmentasi, mahasiswa yang sering
membuka Detik.com dan mahasiswa yang jarang membuka
Detik.com.
vi
Analisis terkait banner blindness pada Detik.com ini
dilakukan menggunakan metode eye tracking, sebuah
teknologi yang dapat membaca arah pandang mata terhadap
sebuah objek. Analisis dampak dari peletakan iklan dan tugas
pengguna internet ini diuji menggunakan berbagai macam
skenario pengujian yang melibatkan responden dan hasilnya
dicatat.
Dari pengujian dan analisis terhadap banner blindness ini,
maka hasil pertama yang didapatkan adalah banner yang
paling diabaikan yaitu terletak di area yang paling atas,
sedangkan banner yang paling diperhatikan yaitu terletak di
area sisi kanan bawah. Hasil kedua yaitu mahasiswa yang
sering membuka Detik.com lebih mengabaikan iklan. Hasil
ketiga adalah responden yang diberi tugas pencarian lebih
memperhatikan iklan dibandingkan responden yang tanpa
diberi tugas pencarian. Hasil yang terakhir yaitu banner
blindness terjadi pada dua segmentasi mahasiswa, baik
mahasiswa yang sering membuka atau jarang membuka portal
berita online Detik.com. ========== Banner blindness is a frequently occurring phenomenon. Banner blindness occurs when most of internet users began to ignore banner ads. Many studies have been conducted to identify the factors that influence this banner blindness. However, banner blindness has not received particular attention in Indonesia. It can be seen from the lack of discussion about banner blindness. Online News Portal is a website that contains a wide variety of news or interesting article. Online News Portal also quite enthused by the people of Indonesia to get the latest news. This study will measure the difference in the banner location on an online news portal, Detik.com. So, the phenomenon of banner blindness may also be known whether there is or not. The subjects of the study were students who divided into two segments, which are students who frequently open Detik.com
and students who rarely open Detik.com. Analysis of banner blindness on Detik.com conducted using eye tracking, a technology that can read eye viewing direction towards an object. Impact analysis of ad placement towards assignment of Internet users is tested using a wide variety of
test scenarios involving a representative sample of users and the result is recorded. The first results is the most ignored banner is located at the top area, while the most noticed banner is located at the lower right side of the area. The second results is students who frequently open Detik.com tends to ignore ads. The third result is respondents who were given goal-directed task tend to
notice ads than respondents who were given free viewing task. The fourth result is banner blindness occurs in two segments of students, aside that they are frequent user or occasional user.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: banner location; banner blindness; mahasiswa; detik.com; eye tracking; banner location; banner blindness; students
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:14
Last Modified: 03 Jul 2018 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52058

Actions (login required)

View Item View Item