Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Ecolab International Indonesia dengan Perspektif Balance Scorecard

Nugraha, Inamullah Alfian (2018) Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Ecolab International Indonesia dengan Perspektif Balance Scorecard. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650015016-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650015016-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah ide pengembangan hubungan dengan pelanggan sebaik mungkin sehingga menjadi loyal dan lebih menguntungkan bagi perusahaan. Didalam penerapan CRM banyak perusahaan menerapkan cara, metode, dan juga teknologi yang mendukung hubungan dengan pelanggan ini sehingga dapat meningkatkan penjualan. CRM saat ini menjadi isu dari strategi bisnis pemasaran perusahaan ternama untuk meningkatkan penjualan mereka.
PT Ecolab International Indonesia adalah sebuah perusahaan pemimpin pasar dalam bidang bahan kimia industri yang telah menerapkan program CRM. Model CRM yang selama ini telah dijalankan belum pernah dilakukan evaluasi sama sekali untuk memastikan apakah strategi pemasaran ini dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan dan loyalitas pelanggan. Penelitian akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 orang pelanggan aktif dari PT Ecolab yang bergerak dalam industri terkait pembangkitan listrik kemudian dianalisa menggunakan metode partial least square dengan bantuan program SmartPLS 2.0.
Hasil dari analisa statistik menunjukkan bahwa keseluruhan dari variabel CRM yaitu proses, teknologi, dan sumber daya manusia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan jika dilihat pengaruhnya antara CRM terhadap loyalitas pelanggan maka hanya variabel teknologi saja yang memiliki pengaruh signifikan, sedangkan variabel proses dan sumber daya manusia tidak signifikan. Kepuasan pelanggan juga ditemukan memiliki hubungan yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi manajerial dan saran perbaikan bagi PT Ecolab juga telah dijelaskan dalam akhir bagian penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: inamullah alfian nugraha
Date Deposited: 12 Jul 2021 21:58
Last Modified: 12 Jul 2021 21:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54476

Actions (login required)

View Item View Item