Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Pembayaran Pelanggan Pada E-Marketplace

Rismana, Hendra (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Pembayaran Pelanggan Pada E-Marketplace. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211340000104-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211340000104-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adanya berbagai layanan pembayaran memungkinkan pelanggan untuk memilih layanan yang paling sesuai dengan mereka ketika berbelanja secara online. Hal ini mendorong e-marketplace untuk menyediakan beragam layanan pembayaran di aplikasinya untuk memenuhi kepuasan pelanggannya. Sayangnya, memasang layanan pembayaran di website tidaklah gratis. Semua layanan pembayaran mengenakan biaya reguler dan berkala seperti biaya pemasangan dan biaya langganan. Dalam hal ini, biaya tersebut mungkin tidak efisien jika penggunaan dari layanan pembayaran yang sesuai rendah. Oleh karena itu, hal tersebut akan menguntungkan jika sebuah e-marketplace dapat mengoptimalkan layanan pembayaran yang paling sering digunakan dan menghilangkan layanan pembayaran yang tidak diperlukan.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi pembayaran pelanggan dengan melakukan survei berdasarkan kuesioner terhadap pelanggan yang pernah berbelanja online di e-marketplace di Kota Surabaya. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai metode pembayaran yang digunakan dalam beberapa e-marketplace yang ada di Indonesia. Beberapa faktor yang diasumsikan mempengaruhi preferensi pelanggan dalam pemilihan metode pembayaran diantaranya adalah kepercayaan, pengalaman, risiko, keuntungan, dan rekomendasi orang lain, usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, intensitas, dan pengeluaran. Data yang didapatkan dari hasil kuesioner adalah sejumlah 402 responden. Data yang didapatkan dianalisis dengan metode regresi logistik multinomial untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemilihan metode pembayaran pelanggan.
Hasil dari penelitian ini adalah 6 dari 12 faktor penelitian secara signifikan mempengaruhi preferensi pelanggan dalam pemilihan metode pembayaran, yaitu faktor pengalaman, keuntunngan, rekomendasi, jenis kelamin, pekerjaan, dan pendapatan.
=======================================================================================================
The existence of various payment services allows customers to choose the services that best suit them when shopping online. This encourages the e-marketplace to provide a variety of payment services in its application to meet customer satisfaction. Unfortunately, installing a payment service on the website is not free. All payment services charge regular and regular fees such as installation fees and subscription fees. In this case, the cost may be inefficient if the use of an appropriate payment service is low. Therefore, it would be advantageous if an e-marketplace can optimize the most frequently used payment services and eliminate unnecessary payment services.
This study aims to investigate the factors that affect customer payment preferences by conducting surveys based on questionnaires to customers who have been shopping online in e-marketplace in the city of Surabaya. This study identifies various payment methods used in some e-marketplace in Indonesia. Some of the factors that are assumed to influence customer preferences in the selection of payment methods include trust, experience, risk, benefit, and other people's recommendations, age, gender, job, education, income, intensity, and spending. Data obtained from the results of the questionnaire is a number of 402 respondents. The data obtained were analyzed by multinomial logistic regression method to determine the factors that influence the selection of customer payment method.
The result of this research is 6 of 12 research factors significantly influence customer preference in choosing payment method, that is experience, benefit, recommendation, gender, job, and income factor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.872 Ris a-1 3100018077498
Uncontrolled Keywords: Payment Method, Online Shop, Customer Choise, Multinomial Logistic Regression.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.34 Mobile commerce.
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rismana Hendra
Date Deposited: 17 Oct 2020 02:31
Last Modified: 17 Oct 2020 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55515

Actions (login required)

View Item View Item