Pengaruh Kepuasan Atribut Produk, Atribut Sistem, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pembelian Ulang Secara Online

Wibawa, Rindu Puspita (2018) Pengaruh Kepuasan Atribut Produk, Atribut Sistem, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pembelian Ulang Secara Online. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
05211650010016-Master_Theses.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada bulan Januari 2018, bahwa sebesar 45% pengguna internet mencari produk atau jasa untuk dibeli secara online. Sebesar 45% pengguna mengunjungi online retail store. Dan sebesar 40% pengguna melakukan pembelian sebuah produk atau jasa secara online. 20 top websites yang yang sering dikunjungi dan dilihat oleh pengguna internet pada peringkat keenam diduduki oleh tokopedia.com, disusul dengan bukalapak.com di peringkat ke delapan, dan lazada.co.id pada peringkat ke 15. Bank Indonesia memperkirakan nilai transaksi e-commerce pada tahun 2018 mencapai Rp 144 triliun, naik dari Rp 69.8 triliun di tahun 2016, dan Rp 25 triliun di tahun 2014. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). nilai investasi di sektor e-commerce dan teknologi finansial mencapai lebih dari US$ 5 miliar. Sehingga membuat e-commerce sebagai salah satu sektor ekonomi paling startegis. Sama seperti di toko fisik tradisional, ukuran kritis faktor keberhasilan untuk toko online adalah perilaku pembelian ulang oleh konsumen. Beberapa faktor yang mempengaruhi pembelian ulang secara online oleh konsumen adalah ekspektasi, kepuasan terhadap atribut produk dan atribut sistem, serta electronic word of mouth. Ketiga faktor tersebut memiliki pengaruh positif bagi pembelian ulang secara online. Untuk mendalami fenomena pengaruh kepuasan terhadap atribur produk dan atribut sistem, dan electronic word of mouth, peneliti melakukan analisis secara mendalam dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun metode kualitatif yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis sehingga dapat medeskripsikan makna umum dari beberapa individu mengenai pengalaman hidup yang berkaitan dengan fenomena. Hasil dari penelitian ini adalah implikasi bagi pengembang e-commerce. Implikasi tersebut disusun berdasarkan temuan penelitian yang didasarkan pada pengguna e-commerce, baik penjual maupun pembeli serta ahli pada bidang bisnis dan komunikasi. Diharapkan implikasi tersebut dapat memberi wawasan mengenai faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam melakukanaktivitas pembelian ulang secara online Indonesia sehingga dapat membantu e-commerce di Indonesia untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya. ======================================================================================================== The growth of e-commerce in Indonesia at early January 2018, 45% of internet users looking for products or services to be purchased online, 45% users visit online retail stores, and 40% users make purchases of a product or service online. 20 top websites that are frequently visited and viewed by internet users in the sixth rank occupied by tokopedia.com, followed by bukalapak.com in the eighth rank, and lazada.co.id at the rank of 15. Bank Indonesia estimates the value of e-commerce transactions in 2018 reached Rp. 144 trillion. Based on data of Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), the value of investments in e-commerce and financial technology reaches more than US $ 5 billion. It is makes e-commerce as one of the most strategic sectors of the economy. The critical measure of success factors for online stores is the behavior of repeat purchases by consumers. The satisfaction of product attributes and system attributes, as well as electronic word of mouth can be the factors that affect online buybacks. These factors have a positive effect on online repeat purchase. To deepen the phenomenon of the influence of satisfaction on product attributes and system attributes, as well as electronic word of mouth, researchers conducted in-depth analysis using qualitative methods. The qualitative method used is a phenomenological approach so that it can describe general meaning of some individuals about life experiences related to the phenomenon. The result of this research is the implications for e-commerce developers. The implications are based on research findings based on e-commerce users, both sellers and buyers as well as experts in the field of business and communication. The implications hopefully can provide insight into the factors affecting the community to shop online in Indonesia and help e-commerce in Indonesia to improve and expand its business.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSI 658.834 3 Wib p-1 3100018078138
Uncontrolled Keywords: Pembelian Ulang Secara Online, Expectancy Confirmation Theory, Atribut Produk, Atribut Sistem, Electronic word of mouth, Metode Kualitatif, Pendekatan Fenomenologis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rindu Puspita Wibawa
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:25
Last Modified: 15 Oct 2020 07:25
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55787

Actions (login required)

View Item View Item