Analisis Intensi Pembelian oleh Backpacker di Indonesia dalam Pemesanan Akomodasi Perjalanan melalui Agen Travel Online

Hidayat, Alifiansyah Arrizqy (2019) Analisis Intensi Pembelian oleh Backpacker di Indonesia dalam Pemesanan Akomodasi Perjalanan melalui Agen Travel Online. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
05211440000156-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini pengguna internet di Indonesia semakin berkembang dari tahun ketahun. Berdasarkan survey yang diadakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia di tahun 2016 jumlah pengguna internet mencapai 132,7 juta pengguna. Hal ini menjadi indikasi bahwa masyarakat Indonesia semakin gemar mengakses berbagai konten melalui internet. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus berkembang mendorong berkembangnya e-commerce di Indonesia khususnya pada penyedia jasa travel online, di tahun 2016 jumlah transaksi belanja online untuk pembelian akomodasi perjalanan mencapai 25,7%. Semakin meningkatnya jumlah transaksi belanja online untuk akomodasi perjalanan, maka setiap Online Travel Agency (OTA) harus memberikan value proposition yang berbeda dengan Online Travel Agency (OTA) yang lain. Hal ini dapat memberikan diferensiasi terhadap satu OTA dengan OTA lain untuk memberikan keuntungan kompetitif. Salah satu cara untuk membentuk value proposition yang sesuai dengan pelanggan adalah Online Travel Agency (OTA) harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi intensi pembelian pelanggan dalam pemesanan akomodasi perjalanan. Hal ini akan menjadi wawasan dalam pengembangan value proposition oleh Online Travel Agency dimana akan meningkatkan diferensiasi serta meningkatkan value yang akan diterima oleh pengguna Untuk mengatasi permasalahan tersebut akan dilakukan analisis terkait intensi pembelian pelanggan dalam penggunaan Online Travel Agency dimana hal tersebut akan berpengaruh pada value proposistion dari sebuah Online Travel Agency. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dimana metode ini dapat menggambarkan korelasi dari tiap variable yang akan diuji secara detail serta metode ini bersifat fleksibel terhadap berbagai bentuk model. Dari penelitian diperoleh bahwa variabel intention to purchase dipengaruhi secara signifikan oleh variabel attitude, dimana attitude sendiri dipengaruhi secara signifikan oleh compatibility dan trust. Untuk variabel positive word of mouth dipengaruhi secara signifikan oleh attitude dan intention to purchase, dimana intention to purchase dipengaruhi ecara signifikan oleh variabel compatibility dan attitude. Agen travel online saat ini jika ingin meningkatkan pelanggan maka perlu berfokus mengubah attitude pelanggan, karena pengaruhnya yang cukup signifikan terhadap intensi pembelian pelanggan dan positive word of mouth. ================================================================================================ Currently internet users in Indonesia are growing from year to year. Based on a survey conducted by the Indonesian Internet Service Providers Association in 2016 the number of internet users reached 132.7 million users. This is an indication that Indonesians are increasingly fond of accessing various content through the internet. The growing number of internet users in Indonesia has led to the development of e-commerce in Indonesia, especially in online travel service providers, in 2016 the number of online shopping transactions for travel accommodation purchases reached 25.7%. The increasing number of online shopping transactions for travel tickets, each Online Travel Agency (OTA) must provide a different value proposition with other Online Travel Agency (OTA). This can provide differentiation against one OTA with another OTA to provide competitive advantage. One way to establish a value proposition that is suitable for customers is that the Online Travel Agency (OTA) must know what factors influence the customer's desire to use the Online Travel Agency (OTA) services. This will be an insight into the development of value proposition by the Online Travel Agency which will increase differentiation and increase the value that will be received by the user. To overcome these problems, an analysis will be carried out regarding the intention to purchase customers in the use of the Online Travel Agency, which will affect the proposal value of an Online Travel Agency. The analytical method used is Structural Equation Modeling where this method can describe the correlation of each variable that will be tested in detail and this method is flexible to various models. From the research it was found that intention to purchase was significantly influenced by attitude, where attitude itself was significantly influenced by compatibility and trust. For positive word of mouth was significantly influenced by attitude and intention to purchase, where the intention to purchase is significantly influenced by the compatibility and attitude. To increase customer, online travel agent need to focus on changing the attitude of customer, because of its significant influence on customer purchase intention and positive word of mouth.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.401 2 Hid a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Agen Travel Online, Intensi Pelanggan, Structural Equation Modeling
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alifiansyah Arrizqy Hidayat
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:31
Last Modified: 08 Jul 2021 04:31
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/60841

Actions (login required)

View Item View Item