Implementasi Metode Multi-Criteria Group Decision Making Untuk Memilih Situs E-Commerce Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Herman, Erike Nasyah (2019) Implementasi Metode Multi-Criteria Group Decision Making Untuk Memilih Situs E-Commerce Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
06111340000086-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan wujud kewirausahaan masyarakat Indonesia yang terus berkembang. Era teknologi internet saat ini memberikan kesempatan yang lebih luas bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemasarannya. Salah satu cara pemasaran dan jual beli yang populer digunakan secara digital adalah melalui situs e-commerce marketplace. Situs e-commerce marketplace merupakan situs yang dapat digunakan untuk mengenalkan, memasarkan, dan menjalankan jual beli dengan mempertemukan penjual dan pembeli di dunia maya. Hal ini berimplikasi adanya persaingan dagang antara penjual produk, baik dengan perusahaan besar maupun dengan sesama perusahaan UMKM. Untuk menghadapi persaingan ini, diperlukan strategi-strategi tepat guna dalam pemasaran produk UMKM. Metode proyeksi Multi-Criteria Group Decision Making digunakan dalam penelitian ini untuk melakukan pemilihan dan analisa data penilaian tiga pengusaha UMKM di Surabaya yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya sebagai UMKM dengan performa baik tahun 2017 sebagai narasumber. Metode ini memperhatikan bobot kriteria, subkriteria dan narasumber sehingga metode ini kompleks. Hasil studi literatur, wawancara, dan analisis dengan Metode Multi-Criteria Group Decision Making menghasilkan alternatif yang terpilih adalah Bukalapak dengan bobot 0.5067 dan subkriteria terpilih yang mendapat bobot 0.1689 adalah subkriteria Market Attractiveness yaitu layanan dan hubungan bisnis yang ditawarkan oleh situs e-commerce marketplace yang penting untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM. Alternatif terpilih yaitu Bukalapak adalah situs ecommerce marketplace yang dipercaya untuk memasarkan produk UMKM namun perlu ada perbaikan di sisi Market Attractiveness yang dapat menawarkan produk UMKM kepada pasar sehingga pasar tertarik dengan produk UMKM yang berkualitas. ================================================================================================ Small and medium enterprises (SME) is an entrepreneurship activity which is steadily developed. Internet technology makes possible to market SME’s product farther and optimally. One of popular trading activity in virtual world is e-commerce marketplace sites. E-commerce marketplace sites are sites used to present, market and transact between sellers and buyers in virtual world. Thus, implicate trading competition between sellers, from small enterprises to bigger industries. To face such trading competition, proper strategies are needed to market SME’s products. Multu-Criteria Group Decision Making projection method applied in this research to conduct selections and analysis of scoring data of three SME’s entrepreneurs in Surabaya listed in Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya as good performance SMEs in 2017 as the experts. This method observes criteria, subcriteria and expert weightings that it has certain complexity degree. Literature studies, interviews, and Multi-Criteria Group Decision Making method analysis conclude the chosen alternative is Bukalapak with score 0.5067 and the chosen subcriteria with score 0.1689 is Market Attractiveness subcriteria which measures services and business relations offered by e-commerce marketplace sites criteria is important to increase SME’s product marketing. The selected alternative, Bukalapak, is an ecommerce marketplace site which trusted to market SME’s products however it is necessary to make improvements on Market Attractiveness which promote SME’s products more effectively so the market is interested in buying good quality SME’s products

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 658.403 Her i-1 2019
Uncontrolled Keywords: decision making, e-commerce marketplace, projection method, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Herman Erike nasyah
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:27
Last Modified: 22 Mar 2022 08:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62210

Actions (login required)

View Item View Item