Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Biojanna Cair Serta Perumusan Alternatif Kebijakan Perusahaan Di Daerah Pemasaran Surabaya Studi Kasus CV Biojanna Nusantara Donuhudan

Samudra, Finnatra Bayu (2015) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Biojanna Cair Serta Perumusan Alternatif Kebijakan Perusahaan Di Daerah Pemasaran Surabaya Studi Kasus CV Biojanna Nusantara Donuhudan. Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
9113201502-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

CV Biojanna membuat obat berupa minuman fermentasi air kelapa yang mengandung lactobacillus yang bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dan menyembuhkan penyakit tanpa bahan kimia dan bahan pengawet, sehingga membuat masyarakat lebih sehat dan aman di konsumsi dalam jangka waktu yang lama. Pada tahun 2014 penjualan biojanna tidak mengalami peningkatan, sehingga peneliti ingin mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan kemudian menyusun strategi apa yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mengoptimalkan penjualan. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang akan diteliti yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Dari ke empat faktor tersebut akan diolah dengan regresi untuk menentukan mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pelanggan untuk membeli. Setelah mengetahui faktor yang paling berpengaruh dari hasil regresi kemudian akan digunakan sebagai input dari matrik SWOT untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan perusahaan serta mencari peluang dan ancaman untuk menentukan kebijakan yang mungkin dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan. Hasil dari penelitian adalah faktor bauran pemasaran secara serempak mempengaruhi keputusan pembelian dengan faktor yang paling berpengaruh adalah produk dengan koefisien 0,304. Setelah melihat hasil regresi linier, matriks SWOT dan matriks IE maka strategi yang diusulkan kepada perusahaan adalah mempertahankan kualitas produk, dan memperluas pasar. ======================================================================================================== CV Biojanna Invents health drink developed form the fermentation of coconut water contains of lactobacillus that could care and prevent health problems without any chemical and preservative. Thus the consumption of this medication in the long run is much saver than other drugs, in 2014 sales biojanna not increase, so the researchers wanted to know what factors most influence on consumer purchase decisions and then strategize what needs to be done by the company to optimize sales. Factors that influence the purchase decision that will be examined are product, price, promotion and distribution. These four factors are calculate using regression to determine which factor is gives the most influence in costumer decision making process to buy the product. Then, the most influence factor is processed using SWOT analysis to determine the strength and weakness of the company and also find the opportunity and threat for make policy could maintain even increase sales. The result of this research is the four factors influenced customer’s decision to buy the product. The most influenced factors is product with 0,304 coefisien. After processed using linier regression analysis, SWOT matrix, and IE matrix, the suggested strategy is to maintain product quality and market expansion.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.812 Sam a
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, keputusan pelanggan, penyusunan kebijakan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:09
Last Modified: 05 Jul 2019 06:09
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/63523

Actions (login required)

View Item View Item