Analisis Faktor Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Menggunakan Kuesioner Online Dan Structural Equation Modeling (Studi Kasus PT. Profile Asia)

Djunaidi, Billy (2015) Analisis Faktor Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Menggunakan Kuesioner Online Dan Structural Equation Modeling (Studi Kasus PT. Profile Asia). Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
9113205310-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini, pemasaran berkembang dengan sangat pesat. Beberapa perusahaan sangat susah dalam menembus pasar di masyarakat luas. Meskipuo mereka memiliki teknologi dan kualitas produk yang sama dibandingkan saingan mereka, tetapi sangatlah susah bagi mereka mencapai kesuksesan yang sama dengan para pesaing. PT. Profile Asia adalah salah satu perusahaan tersebut. PT. Profile Asia adalah sebuah perusahaan baru dalam memproduksi genteng yang berusaha keras dalam persaingan sengit tersebut. Mereka memiliki teknologi dan kualitas yang sama dengan pesaing mereka tetapi merek mereka tidak dikenal di kalangan konsumen. Penjualan produk mereka berada di angka yang tetap dalam 2 tahuo terakhir ini. Meskipuo mereka menjual produk mereka dengan harga lebih murah dari pasaran, tetapi hal ini tidak membuat mereka mendapat keuotungan lebih. Pada kasus ini, loyalitas konsumen adalah salah satu topik utama yang dibahas pada problema ini. Oleh karena itu, PT. Profile Asia akan berusaha uotuk menyelesaikan masalah ini. European Customer Satisfaction Index (ECSI) menyediakan model uotuk dignnakan pada loyalitas konsumen. Dengan mengguoakan model tersebut, terdapat 4 variabel yang akan berhubuogan dengan loyalitas konsumen, diantaranya adalah ekspektasi konsumen, kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan, dan kepuasan konsumen. Dengan mengguoakan 4 variabel tersebut, akan membentuk indikator-indikator yang akan diguoakan uotuk membuat kuesioner. Semua indikator tersebut akan dianalisa dengan mengguoakan Structural Equation Modeling yang akan menghasilkan sebuah output. Output tersebut dapat lebih dari satu dan akan menghasilkan variabel mana yang paling berpengaruh dengan loyalitas konsumen di PT. Profile Asia. Hasil akhir penelitian menuojukkan bahwa perceived value menempati urutan paling penting dan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT. Profile Asia. ======================================================================================================== Marketing is rapidly evolving nowadays. Some companies are hardly struggling in their market penetration to the public. Eventhough they had the same technology and product quality from their competitors, but they hardly achieved the same success as their competitors. PT. Profile Asia is one of these kind of company. PT. Profile Asia is a new developing roof tile company that is struggling in these harsh competition. They have the same technology and quality as their competitors but still their brand name can't get caught in the customers. Sales are stagnant for these past 2 years. Eventhough they sold their products for lower price than the other competitors, it still won't help them to make a big profit. In this case, customer loyalty is one of the main topic of this problem. Therefore PT. Profile Asia will try to tackle this problem. European Customer Satisfaction Index (ECSI) provides model for being used in customer loyalty. Using this model, there are 4 variables that will relate to customer loyalty, which are customer expectation, perceived quality, perceived value, and customer satisfaction. Using these 4 variables, it will form indicators that will be used to make the questionnaire. All these indicators will be analyse using Structural Equation Modeling which produce the output. These output could be more than one and will produce which variable are the most influencing for customer loyalty in PT. Profile Asia. The outcome of this research showed that perceived value is the most important aspect and greatly affecting customer loyalty of PT. Profile Asia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 3 Dju a
Uncontrolled Keywords: ECSI, Structural Equation Modeling, Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:40
Last Modified: 05 Jul 2019 06:40
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/63530

Actions (login required)

View Item View Item