Segmentasi Pelanggan Menggunakan SOM, Algoritma K-Means Dan Analisis LRFM Untuk Penyusunan Rekomendasi Strategi Pemasaran Pada Klinik Kecantikan Nanisa, Sidoarjo.

Rafika, Ariesty (2015) Segmentasi Pelanggan Menggunakan SOM, Algoritma K-Means Dan Analisis LRFM Untuk Penyusunan Rekomendasi Strategi Pemasaran Pada Klinik Kecantikan Nanisa, Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100106-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Analisis perilaku pelanggan merupakan salah satu cara bagi perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai selera pasar dan menciptakan kesempatan bisnis baru. Penggunaan metode analisis data yang sistematik untuk memahami karakteristik pelanggan menjadi sangat penting untuk dilakukan guna mendapatkan sistem pengelolaan hubungan pelanggan yang baik dan terukur. Sebagian besar perusahaan telah menyadari bahwa basis data pelanggan merupakan aset penting yang dapat dimanfaatkan untuk analisis karakteristik pelanggan dalam penyusunan strategi pemasaran perusahaan. Dalam Tugas Akhir ini, analisis karateristik pelanggan dilakukan untuk mendukung penyusunan strategi pemasaran yang sesuai dengan potensi setiap segmen pelanggan di klinik kecantikan NANISA, Sidoarjo. Untuk ini, metode analisis yang mengombinasikan metode analisis Length-Recency-Frequencyand- Monetary (LRFM), Self Organizing Map (SOM) dan algorima klasterisasi K-Means digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan dan menghitung nilai hidup pelanggan vi (NHP). Bersama-sama dengan pihak manajemen Klinik Nanisa, hasil analisis karakteristik pelanggan tersebut kemudian digunakan untuk menyusun strategi pemasaran klinik sebagai upaya untuk bersaing dengan klinik kecantikan lainnya pada skala nasional. Analisis karakeristik pelanggan yang telah dilakukan dalam Tugas Akhir ini menghasilkan enam segmen pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan NHP, keenam segmen pelanggan tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat karakteristik pelanggan, yaitu pelanggan setia, pelanggan baru potensial, pelanggan tidak meyakinkan, dan pelanggan penghabis sumber daya. Hasil penyusunan strategi rekomendasi untuk masing-masing kelompok karateristik pelanggan tersebut dicirikan oleh perlunya peningkatan layanan umum, pemberian hadiah (reward) dan pemberian promosi khusus. ========================================================================================================= Customers behavior analysis is one of many methods for a company to understand market trends and to create new business opportunity. The use of systematic data analysis method to understand customers characteristics becomes very important in order to gain an appropriate and measurable customers relationship management. Most of the companies have realized that customers database is an important asset to be employed in customers characteristics analysis for determining company’s marketing strategy. In this final project, customers characteristics analysis was performed to support the determination of appropriate marketing strategy for each customer’s segment in Nanisa skin care clinic, Sidoarjo. In this regard, the analysis method that combines the Length-Recency-Frequency-and-Monetary (LRFM) analysis, Self Organizing Map (SOM), and K-Means clustering algorithm were employed to do the customer segmentation and to estimate the customer lifetime value (CLV). Together with the Nanisa clinic’s management team, the customer characteristics viii analysis results were used to determine marketing strategy as an effort to compete with other skin care clinics in a nationalwide arena. The customers characteristics analysis performed in this final project produces six customers’ groups. Based on their CLV estimation, those groups could be divided into four customer characteristics; i.e., loyal customers, high value new customers, uncertain customers, and consuming resource customers. Results of recommendation strategy for each group can be characterized by three important follow-ups: general services improvement, reward-giving, and provision of special promotions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.812 Raf s
Uncontrolled Keywords: NHP, Pengelolaan Hubungan Pelanggan, Pengelompokan K-Means, Segmentasi Pelanggan, SOM, LRFM, Strategi Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:52
Last Modified: 19 Sep 2019 02:52
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/70832

Actions (login required)

View Item View Item