Rancang Bangun Aplikasi Permainan Simulasi Kehidupan Atlet Basket Sma

Treciana, Freeska Rochma Dwi (2016) Rancang Bangun Aplikasi Permainan Simulasi Kehidupan Atlet Basket Sma. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100111-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100111-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak pengembang permainan telah membuat
permainan edukasi sebagai sarana belajar, khususnya permainan
simulasi dimana pemain dihadapkan dengan kondisi seolah di
dunia nyata.. Dengan adanya simulasi, pemain akan lebih
mendapatkan detil pembelajaran yang benar dari permainan
tersebut. Saat ini belum ada aplikasi yang mensimulasikan
kehidupan atlet basket SMA. Maka dari itu, untuk tugas akhir ini
penulis ingin membuat aplikasi permainan simulasi kehidupan
atlet basket SMA dengan menggunakan pemodelan Finite State
Machines (FSM).
FSM adalah sebuah metodologi perancangan sistem
kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja
system. Hasil dari tugas akhir ini akan berupa sebuah permainan
yang dapat berjalan di perangkat Android. Aplikasi ini dibangun
dengan visual novel engine RenPy 6.9.10. Pembuatan model FSM
permainan ini menggunakan aplikasi online draw.io, sedangkan
desain gambar latar dan karakter dibuat dengan aplikasi Paint
Tool SAI.
Aspek kehidupan yang akan dimasukkan dalam permainan
simulasi ini mencakup pengelolaan kesehatan, prestasi akademik,
psikologis pemain, relasi sosial antar pemain, kemampuan
bermain basket, dan kompetisi basket.
Uji coba permainan ini dilakukan dengan menggunakan
menguji fungsionalitas sistem dan pengujian oleh responden.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan aplikasi
telah mengimplementaikan aspek kehidupan atlet basket SMA
=============================================================================================
Nowadays, many game developers have made education
game as learning tools.but, they still lack of simulation game,
whereas with simulation game we can get better learning details
from the game. So, this final project proposes a life simulation
game based on the life of a high school basketball athlete.
To implement this simulation game, finite state machine
modelling is used. finite state machine is a method design system
control that describes the behavior or the working principle of the
system by using three components, State, Event, and Action. there
are many implementation and variation for the basic structure of
finite state machine. there are many ways to implement FSM within
a game but only few similarities between them. the design of FSM
is simple, quick and easy to implement.
The result of this final project is a simulation game that
running in android devices. This application is built with RenPy
6.9.10 visual novel engine.. FSM modelling was made with online
aplication draw.io, while the background and character designs
was made with Paint Tool SAI. Writer hope this simulation game
will make user have better understanding of the life of a high school
and how to divide their time effectively. Role play and scenario of
high school basketball athlete life has been implemented in this
application.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 794.815 26 Tre r
Uncontrolled Keywords: Permainan simulasi, Finite State Machine, simulasi kehidupan, basket, RenPy
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 18 May 2020 04:54
Last Modified: 18 May 2020 04:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76006

Actions (login required)

View Item View Item