STUDI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OPERASI MATEMATIKA TINGKAT DASAR PADA PENGGUNA MENGGUNAKAN GIM EDUKASI DENGAN TINGKAT KESULITAN BERJENJANG PADA BEBERAPA JENIS GIM

Nafis, Ari Mahardika Ahmad (2020) STUDI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OPERASI MATEMATIKA TINGKAT DASAR PADA PENGGUNA MENGGUNAKAN GIM EDUKASI DENGAN TINGKAT KESULITAN BERJENJANG PADA BEBERAPA JENIS GIM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111850010027-Master_THESIS.pdf]
Preview
Text
05111850010027-Master_THESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah pengetahuan dasar namun fundamental, tetapi nyatanya banyak siswa yang tidak memiliki motivasi untuk mempelajarinya karena menganggap matematika sebagai pelajaran membosankan. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk memotivasi siswa, salah satunya dengan menggunakan gim edukasi.
Gim balapan, tembak menembak, dan pertarungan adalah jenis gim yang populer di tahun 2019 berdasarkan InvisionCommunity. Gim tembak-menembak adalah jenis gim yang banyak digunakan untuk pembelajaran matematika, sementara jenis gim balapan atau pertarungan tidak digunakan untuk gim pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengukur efektivitas gim dari ketiga jenis gim tersebut sebagai sarana pembelajaran aritmetika dasar pada tingkat sekolah dasar.
Keefektifan gim edukasi dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh setelah melakukan percobaan. Untuk mengetahui jenis gim yang paling efektif dalam percobaan ini adalah dengan membandingkan peningkatan hasil belajar setelah memainkan ketiga gim tersebut. Analisis perbandingan akan dilakukan dengan menggunakan ANOVA.
Data penelitian ini menggunakan 60 peserta dengan tingkat pendidikan sekolah dasar kelas 1 – 3. Hasil penelitian didapatkan dengan menghitung perbedaan nilai awal peserta yang didapatkan dari sebelum memainkan gim dan nilai akhir yang didapatkan peserta setelah memainkan gim edukasi. Hasil akhir menunjukkan bahwa gim edukasi berjenis balapan memiliki peningkatan paling tinggi sebesar 6.3% dibandingkan dengan gim berjenis tembak-menembak sebesar 3% atau pertarungan sebesar 4.3%

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTIf 794.802 22 Naf s-1 • Nafis, Ari Mahardika Ahmad
Uncontrolled Keywords: matematika, gim, gim edukasi, ANOVA, mathematic, educational game, game, ANOVA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ari Mahardika Ahmad Nafis
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:51
Last Modified: 19 Jan 2024 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76354

Actions (login required)

View Item View Item