Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan, Studi Kasus : Cv.Sego Njamoer Outlet Cabang Sakinah Surabaya

Susanti, Aini Prisilia (2016) Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan, Studi Kasus : Cv.Sego Njamoer Outlet Cabang Sakinah Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
9114201502-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor untuk mengukur keberhasilan suatu bisnis, khususnya di bidang kuliner, adalah perolehan omset meningkat serta profit besar. CV. Sego Njamoer adalah salah satu kuliner yang sedang tren saat ini, dengan menu utama yaitu Sego Njamoer (nasi berbentuk onigiri dengan isian jamur tiram). Namun akhir-akhir ini peminat Sego Njamoer mulai beralih ke menu lainnya yaitu Pentol Njamoer, terutama di outlet cabang Sakinah, Surabaya. Pentol Njamoer memang mendominasi perolehan omset. Namun jika dilihat dari segi profit, Sego Njamoer memiliki potensi profit yang lebih besar jika dibandingkan dengan Pentol Njamoer. Selain itu, CV.Sego Njamoer juga harus memenangkan pasar dengan menarik pembeli dan pelanggan sebanyak-banyaknya serta mempertahankan loyalitas pelanggan. Oleh sebab itu, CV.Sego Njamoer harus menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Marketing Mix 7P atau bauran pemasaran merupakan salah satu media yang tepat untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan sehingga tercapai pelanggan yang loyal. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuisioner yang terdiri dari 2 bagian yaitu data responden pelanggan dan kuisioner utama dengan responden owner CV.Sego Njamoer. Pengolahan data dari pelanggan menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) untuk mengetahui pengaruh antar variabel dan kuisioner utama menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menghasilkan keputusan. Hasil dari penelitian adalah marketing mix berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai path coefficient sebesar 0,715 dan t-statistik sebesar 14,818. Sedangkan hasil pengolahan AHP menunjukkan dimensi product menjadi prioritas yang diharapkan dapat ditingkatkan dan diperbaiki untuk masa yang akan datang =========================================================================================== Acquisition of increased turnover and big profit are several factors to measure the success of a business, especially the culinary business. CV. Sego Njamoer is one of the culinary current trends, with Sego Njamoer (onigiri rice with oyster mushroom stuffing) as the main menu. But lately the consumers of sego njamoer switch to another menu called pentol njamoer, especially in branch outlets Sakinah, Surabaya. The sales is dominated by pentol njamoer, however sego njamoer have greater profit potential than pentol njamoer. Additionally, CV.Sego Njamoer also have to win the market by attracting buyers and customers as much as possible and maintain customer loyalty. Therefore, CV.Sego Njamoer should analyze the factors that affect customer satisfaction in order to reach a loyal consumer through the 7P marketing mix. The research was done by giving questionnaires consisting of two parts, which are the data of respondents from customers and main questionnaire. Data processing from customers using Structural Equation Modelling Partial Least Square (PLS-SEM) to determine the influence between variables and the main questionnaire using Analytical Hierarchy Process (AHP) to produce a decision. The results of this research are positive effect on the marketing mix of customer satisfaction with a value of 0,715 path coefficient and t-statistic value is 14,818. While the result of the processing of AHP shows the dimensions of a priority is the product that expected to be enhanced and improved for the future

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 3 Sus a
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Structural Equation Modelling Partial Least Square, Analytical Hierarchy Process
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:36
Last Modified: 21 Jul 2020 02:36
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76429

Actions (login required)

View Item View Item