Evaluasi dan Rancangan Perbaikan Kepuasan Kerja Tenaga Pengajar pada Institusi Pendidikan Tinggi Islam Universitas Hasyim Asy’ari

Farros, Barbarossa Muhammad (2020) Evaluasi dan Rancangan Perbaikan Kepuasan Kerja Tenaga Pengajar pada Institusi Pendidikan Tinggi Islam Universitas Hasyim Asy’ari. Undergraduate thesis, Institut Teknolgi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09111640000125-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran pendidikan dalam kemajuan suatu negara merupakan suatu hal yang penting. Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan kapasitas pendidikan terbesar tercatat memiliki indeks pendidikan cukup rendah dengan menempati peringkat 113 dari 187 negara. Salah satu cara untuk memperbaiki indeks pendidikan dari sudut pandang sumber daya manusia yaitu dengan mengoptimalkan potensi dari tenaga pengajar sehingga dapat menghasilkan proses belajar mengajar yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut lembaga pendidikan membutuhkan rancangan kepuasan karyawan yang tepat. Penelitian ini mengambil studi kasus pada Universitas Hasyim Asy’ari. Universitas ini merupakan Universitas Islam di Kabupaten Jombang yang telah berdiri sejak tahun 1967. Selama 5 tahun terakhir Universitas Hasyim Asy’ari memiliki tingkat pengunduran diri dari tenaga pengajar yang cukup tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menurunkan angka pengunduran diri tenaga pengajar dengan mengevaluasi layanan kepuasan karyawan dan memberikan rekomendasi perbaikan. Proses penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi atribut kepuasan karyawan dalam teori dimensi kebutuhan Maslow. Atribut-atribut tersebut dianalisis menggunakan metode Importance Satisfaction Analysis (ISA) kemudian hasil analisis ISA diolah lebih lanjut menggunakan metode House of Quality (HOQ) untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan. Langkah terakhir dilakukan pengukuran efisiensi menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mendapatan prioritas perbaikan. Hasil dari penelitian ini didapatkan 21 atribut kepuasan karyawan dimana dari hasil ISA diketahui 13 atribut kepuasan karyawan perlu untuk diperbaiki. Hasil HOQ menunjukan terdapat 11 langkah perbaikan dengan prioritas utama hingga akhir. Disisi lain hasil DEA menunjukan Fakultas Agama Islam dan Fakultas Ilmu Pendidikan telah mencapai efisiensi. Prioritas ulang berdasarkan hasil HOQ dan DEA menunjukan hasil yang tidak signifikan karena perubahan yang terjadi hanya pada prioritas terakhir. ====================================================================================================== Education is the most important thing for a country as, educational institutions play a major role in the development of a nation. Indonesia is a country with the large educational capacity but has low education index, ranked 113 of 187 countries. Maximize the potential of teaching staff performance is the way to improve education index from human resources perspective. This study use Islamic University of Hasyim Asy'ari as an object with the purpose to evaluating and improving employee satisfaction attributes because employee turnover rates over the past 5 years is high. This study coincides with the University's restructuring period so the final results of this study can be used as recommendation to solves employee satisfaction problems. This study using the need theory of Maslow's dimensions to determine the attributes of employee satisfaction. Employee satisfaction attributes then analyzed using the Importance Satisfaction Analysis (ISA) method. Data Envelopment Analysis (DEA) method measure efficincy in each faculties to determine the level of efficiency in the employee satisfaction attributes. The results of the ISA analysis will be processed using e House of Quality (HOQ) method to get improvement recommendations. The results of this study found 21 attributes of employee satisfaction. From the results of the ISA 13 attributes of employee satisfaction need to be improved. Technical response HOQ show there are 11 point of improvement from top priority to low priority. In the other hand the DEA results show that the Faculty of Islamic Religion and the Faculty of Education have maximum efficiency. Re-priority based on HOQ and DEA results show insignificant results because the change only at the low priority.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Employee Satisfaction, Institusi perguruan tinggi, Importance Satisfaction Analysis (ISA), Data Envelopment Analysis (DEA),House of Quality (HOQ),Employee Satisfaction, Higher Education, Importance Satisfaction Analysis (ISA), Data Envelopment Analysis (DEA),House of Quality (HOQ)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.J63 Job satisfaction (Personnel management)
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Barbarossa Muhammad Farros
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:18
Last Modified: 13 Aug 2020 06:18
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77990

Actions (login required)

View Item View Item