PENJADWALAN & PENGENDALIAN PROYEK DESAIN LANSEKAP PARIWISATA MENGGUNAKAN CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT (CCPM)

Walidonna, Alivia (2020) PENJADWALAN & PENGENDALIAN PROYEK DESAIN LANSEKAP PARIWISATA MENGGUNAKAN CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT (CCPM). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
THESIS ALIVIA ROSY WALIDONNA 09211250013002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

The Village Nongkojajar, merupakan Desain Usulan Proyek Integrated Agropark hasil revitalisasi lahan non-produktif Kebun Benih Holtikultura milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Proyek ini memiliki luas ± 7,1 hektar dengan nilai kontrak proyek mencapai 21,4 miliar rupiah dan ditargetkan selesai pada akhir 2021. Penjadwalan dan pengendalian proyek menjadi sangat penting agar dapat mengestimasi waktu pengerjaan dan proyek tetap berjalan sesuai dengan timeline proyek yang sudah ditetapkan diawal. Relevansi Project Management dalam penelitian ini adalah dengan kompleksitas proyek yang tinggi dengan banyak komponen aktivitas yang berhubungan satu dengan yang lain, maka pentingnya proses perencanaan yang baik. Sehingga proyek ini dapat selesai dengan cepat dari waktu yang ditentukan dan lebih menghemat biaya. Critical Chain Project Management (CCPM) adalah suatu metode untuk merancang dan mengatur proyek yang menitikberatkan pada kebutuhan sumber daya untuk melaksanakan proyek dengan menambahkan project buffer, feeding buffer dan resource buffer. Dengan menganalisa menggunakan CCPM, peneliti dapat mencari optimalisasi dan pengendalian dalam pelaksanaan penjadwalan proyek. Dengan aplikasi metode CCPM, proyek ini dapat menghemat Labor Cost sebesar Rp 1.215.066.667 dan Material Cost sebesar Rp. 180.280.000,-. Total penghematan dari labor cost dan material cost yang dihemat dengan metode CCPM ini mencapai Rp. 1.395.346.667,-. Dengan menggunakan metode CCPM proyek ini dapat selesai dengan 116 hari kerja dengan menghemat waktu 52 hari kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA7820 Hotels. Inns. Hotel lobbies For resorts
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2195.V34 Vacation homes. Resort houses. Summerhouses
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management
Depositing User: Alivia Rosy Walidonna
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:48
Last Modified: 14 Aug 2020 01:48
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78111

Actions (login required)

View Item View Item