ANALISIS FAKTOR EFEK LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN KEMBALI PADA PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE UNTUK RESERVASI HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING

Isnan, Astari Khairunnisa (2020) ANALISIS FAKTOR EFEK LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN KEMBALI PADA PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE UNTUK RESERVASI HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
SE_TA_05211640000126_Astari Khairunnisa Isnan.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa tahun terakhir ini salah satu industri paling banyak mengadopsi manfaat dari internet atau aplikasi mobile adalah industri perhotelan. Pemanfaatan internet pada industri hotel adalah adanya reservasi hotel secara online. Perusahaan penyedia aplikasi pemesanan hotel berhasil meningkatkan penjualannya melalui penggunaan aplikasi mobile sebagai saluran pemasaran dan penjualan. Pada tahun 2018, jumlah pemesanan hotel melalui aplikasi mobile meningkat sebesar 10,4% dari tahun sebelumnya atau setara dengan $694.41 miliar. Permasalahan yang dihadapi adalah masih sedikit para pelaku bisnis perhotelan yang memahami dan fokus terhadap pentingnya meningkatkan intensi pelanggan dalam menggunakan kembali aplikasi mobile untuk melakukan reservasi hotel. Dampak yang dihasilkan oleh tingginya tingkat perpindahan aplikasi membuat para pelaku bisnis perhotelan harus mengeluarkan biaya 6 kali lebih besar untuk menarik pelanggan baru dan 20 kali lebih besar untuk menarik pelanggan yang sudah kecewa. Namun selalu ada tantangan bagi para pelaku bisnis perhotelan dalam mengetahui faktor dan strategi peningkatan intensi penggunaan kembali aplikasi mobile untuk melakukan reservasi hotel. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor keinginan individu, penerimaan terhadap teknologi, dan risiko yang dirasakan serta memberikan rekomendasi perbaikan strategi dan faktor-faktor lain dalam peningkatan intensi penggunaan kembali aplikasi pemesanan hotel (Trivago, Agoda, OYO) dengan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh sebagai upaya meningkatkan intensitas pengguna dalam menggunakan aplikasi pemesanan hotel. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara daring kepada responden yang relevan untuk proses pengambilan data yaitu responden yang pernah melakukan pemesanan hotel melalui aplikasi Trivago, Agoda, dan OYO dengan memanfaatkan platform google form , Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggabungkan 3 teori yaitu UTAUT predictors, perceived risk, dan locus of control sebagai pentuk upaya untuk meningkatkan intensitas pengguna dalam menggunakan kembali aplikasi untuk melakukan pemesanan hotel. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh faktor – faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan kembali aplikasi pemesanan hotel di Indonesia secara signifikan, yakni effort expectancy (EE) memengaruhi sebesar β =1.033 (direct effect), performance expectancy (PE) memengaruhi sebesar β =0.36 (direct effect), facilitating condition (FC) memengaruhi) sebesar β =0.404 (direct effect), internal control (IC) melalui effort expectancy (EE) memengaruhi sebesar β = 0.079 (indirect effect), chance control (CH) melalui effort expectancy (EE) memengaruhi sebesar β = -0.060 (indirect effect), chance control (CH) melalui perceived risk (PR) memengaruhi sebesar β = -0.0002 (Indirect effect), powerful others (PO) melalui facilitating condition memengaruhi sebesar β =0.017 (indirect effect). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa effort expectancy , perceived risk, dan facilitating condition sebagai variabel mediasi memiliki nilai total effect sebesar 1.003, -0.058, dan 0.404. Selain itu diberikan rekomendasi untuk penambahan variabel yang dapat menjadi pertimbangan untuk penelitian selanjutnya, dan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang memeiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pengguna dalam menggunakan kembali aplikasi untuk melakukan pemesanan hotel yang dapat membantu perusahaan penyedia aplikasi pemesanan hotel (Trivago, Agoda, dan OYO) dalam mengembakan aplikasinya. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh faktor – faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan kembali aplikasi pemesanan hotel di Indonesia secara signifikan, yakni effort expectancy (EE) memengaruhi sebesar β =1.033 (direct effect), performance expectancy (PE) memengaruhi sebesar β =0.36 (direct effect), facilitating condition (FC) memengaruhi) sebesar β =0.404 (direct effect), internal control (IC) melalui effort expectancy (EE) memengaruhi sebesar β = 0.079 (indirect effect), chance control (CH) melalui effort expectancy (EE) memengaruhi sebesar β = -0.060 (indirect effect), chance control (CH) melalui perceived risk (PR) memengaruhi sebesar β = -0.0002 (Indirect effect), powerful others (PO) melalui facilitating condition memengaruhi sebesar β =0.017 (indirect effect). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa effort expectancy , perceived risk, dan facilitating condition sebagai variabel mediasi memiliki nilai total effect sebesar 1.003, -0.058, dan 0.404. Selain itu diberikan rekomendasi untuk penambahan variabel yang dapat menjadi pertimbangan untuk penelitian selanjutnya, dan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang memeiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pengguna dalam menggunakan kembali aplikasi untuk melakukan pemesanan hotel yang dapat membantu perusahaan penyedia aplikasi pemesanan hotel (Trivago, Agoda, dan OYO) dalam mengembakan aplikasinya. Nilai tambah yang ada pada penelitian ini yaitu memiliki keterbaruan dalam penerapan software AMOS yang tidak digunakan sebelumnya yaitu, terdapat tingkat signifikansi yang baik untuk pendekatan maximum likelihood. Selain itu diberikan rekomendasi penambahan variabel yang dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk penelitian berikutnya dan penelitian ini dapat dijadikan referensi terkait studi penelitian selanjutnya dengan memberikan saran terkait penelitian. ============================================================== Based from the past few years, Hospitality Industry is one of the industries that maximize the usage of the internet or smartphone application. The utilization from the said industry arises from the online hotel reservation. Many hotel owners successfully increased their sales through the online application, as their marketing and sales source. Back in 2018, the amount of hotel reservation online was raised until 10.4% then the previous years, or equal with $694,41 million.: the problem of the issue is, many hotel owners did not aware and understand the importance of the customer’s Intensity which in this case, online – based to book their hotel. The result of this problem is, hotel owners have to spend 6 times bigger cost due to the high rate of application shifting, in order to be able to attract new customers which has been disappointed. However, there are always new challenges for the hotel owners to know the factors and strategies of the customer’s Intensity to book the hotel online.this final research is made to analyse the influence factor of the individual urge, to accept the technology, and the risk with the recommendation to fix the strategies and any other factors to decrease the customer’s Intensity based from the factors.Questtionaire was spread due to the collecting of data. the questioner was spread based on online, by google form and validated to various respondents in advance. After the validation, the questioner was also spread to the relevant respondent to collect another data. The Author was using the Structural Equation Modelling (SEM) and combining 2 (three) theories, UTAUT predictors, perceived risk, and locus of control.The result from this research are, effort expectancy, performance expectancy, and facilitating condition. Those 3 (three) are the influenced variables for the customer’s Intensity to re-use the application of online hotel reservation. Intention to reuse (IN) significantly influenced by Effort expectancy (EE) of β =1.033 (direct effect), Intensity to reuse (IN) significantly influenced by performance expectancy (PE) of β =0.36 (direct effect), Intensity to reuse (IN) significantly influenced by facilitating condition (FC) sebesar β =0.404 (direct effect). In addition, recommendations are given for the addition of variables, that can be considered for further research, and recommendations for increasing factors that have significant effect, which can affect the intention to reuse for making hotel reservation.. To the hotel owners, the analysis of the variables, that affect the Intensity to reuse mobile applications for hotel reservations.research is useful for reccomendation and improvement to hotel owners from an analysis of the variables that have influenced the intention to reuse mobile application for making hotel reservation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensi penggunaan kembali; UTAUT; Perceived risk; Locus of control; Aplikasi mobile booking hotel; Structural Equation Modeling, Intention to Reuse; UTAUT; Perceived risk; Locus of control;Mobile Application for Making Hotel Reservation; Structural Equation Modeling
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Astari khairunnisa isnan
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:14
Last Modified: 25 Aug 2020 04:14
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79591

Actions (login required)

View Item View Item