INTEGRASI E-COMMERCE: Sebuah Konsep SUSTAINABILITY

Haryanti, Tining (2020) INTEGRASI E-COMMERCE: Sebuah Konsep SUSTAINABILITY. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211850012006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability menjadi perhatian beberapa tahun terakhir selaras dengan tujuan Perserikatan Bangsa Bangsa dunia hingga tahun 2030 yang memfokuskan pada Sustainable Development Goal (SDG), diantaranya teknologi. Sebagai bagian dari teknologi informasi, E-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara. Penerapan dimensi sustainability pada e-commerce diperlukan untuk mensukseskan SDG tersebut, sedangkan literatur integrasi e-commerce dan Sustainability (economic, social and environment) terbatas pada negara maju, sehingga diperlukan peningkatan pengetahuan dan keterlibatan pemikiran tentang bagaimana menerapkan konsep Sustainability pada e-commerce, khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi e-commerce terhadap sustainability secara holistic yang melibatkan teori penerimaan teknologi dari perspektif stakeholder e-commerce secara menyeluruh, yaitu perusahaan, pemerintahan, dan user. Integrasi tersebut diperlukan untuk mensukseskan Sustainable Development Goal pada bidang teknologi khususnya e-commerce. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif digunakan untuk mengungkapkan permasalahan dan tema yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian memberikan Gambaran kesiapan integrasi e-commerce terhadap sustainability di Indonesia yang dapat dipergunakan sebagai referensi kesesuaian strategi e-commerce yang terintegrasi dengan sustainability sekaligus sebagai referensi penentuan regulasi e-commerce oleh pemegang kebijakan/ pemerintah. Kontribusi teoritis penelitian memberikan tambahan referensi terori penerimaan dengan mengajukan dimensi teknik pada intensitas penggunaan e-commerce. Hasil penelitian memberikan implikasi praktis bagi perusahaan dalam menerapkan isu sustainability yang memenuhi harapan konsumennya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Sustainability, integrasi, teori penerimaan E-Commerce, Sustainability, integration, acceptance theory
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Tining Haryanti
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:42
Last Modified: 28 Aug 2020 00:42
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81306

Actions (login required)

View Item View Item