Analisis Faktor Kesuksesan E-Commerce Pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Jawa Timur

Fadila, Umi Nur (2016) Analisis Faktor Kesuksesan E-Commerce Pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5210100066-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

E-commerce sebagai media jual beli online mulai berkembang dan ramai diperbincangkan oleh pelaku bisnis seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Implementasi e-commerce diakui dapat memberikan berbagai macam keuntungan seperti kemudahan bertransaksi yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, sehingga hal tersebut menggeser kebiasaan masyarakat cenderung untuk melakukan transaksi secara online (online shopping). Saat ini banyak pelaku bisnis berskala besar maupun pebisnis berskala mikro, kecil dan menengah (UMKM) mulai mengimplementasikan e-commerce. Dan fakta yang terjadi tidak sedikit pelaku bisnis yang dapat merasakan manfaat kesuksesan e-commerce, namun demikian tidak sedikit pula pelaku bisnis yang mengetahui apakah e-commerce mereka telah meraih kesuksesan dan bahkan masih banyak yang mengalami kegagalan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesuksesan e-commerce dengan mengacu pada teori kesuksesan e-commerce penelitian sebelumnya. Teori penelitian tersebut mengkategorikan kesuksesan e-commerce berdasarkan 4 faktor yaitu faktor pendorong Internal (Internal Drivers), faktor pendorong eksternal (External Drivers), faktor penghambat Internal (Internal Obstacles) dan faktor penghambat eksternal (External Obstacles). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Tools yang digunakan untuk menganalisis data yaitu SPSS dan GeSCA. Dari 222 UMKM di Jawa Timur diketahui bahwa (1) Internal Drivers memiliki pengaruh positif terhadap kesuksesan e-commerce, (2) Internal Obstacles memiliki pengaruh negatif terhadap kesuksesan e-commerce, (3) External Drivers memiliki pengaruh positif terhadap kesuksesan e-commerce, (4) External Obstacles memiliki pengaruh negatif terhadap kesuksesan e-commerce serta hasil penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan kesuksesan e-commerce pada UMKM ================================================================================================================== E-commerce as a method of online transaction starts growing and is often discussed by business actors along with the rapid advances in technology. Since the implementation of ecommerce is recognized to provide variety of benefits such as ease of transaction that can be done anytime and anywhere, it shifts the habits of people which tend to carry out online transactions (online shopping). In the present day, many large-scale businesses and micro businesses, small and medium-sized enterprises (SMEs) start to implement e-commerce. The fact is a lot of businesses can gain benefit the success of e-commerce. On the other hand, it is also a lot business actors who does not know if their implemented e-commerce have been successful, and even many of them have failed to do so. Hence, this study was conducted to determine the factors that affect the success of e-commerce with reference to the theory of e-commerce success in previous studies. The research theory categorizes the success of e-commerce based on four factors: internal driving forces (Internal Drivers), external driving forces (External Drivers), internal inhibitor factor (Internal Obstacles)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 381.142 Fad a
Uncontrolled Keywords: e-commerce, critical success factor of e-commerce, external obstacles, generalized structured component analysis (GSCA)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:39
Last Modified: 08 Sep 2020 04:39
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81823

Actions (login required)

View Item View Item