Analisis Faktor Yang Memengaruhi Customer Loyalty Pada Social Shopping Community Menggunakan Structural Equation Modelling Dengan Variabel Moderasi UGC Level (Studi Kasus: SOCO)

Ambarwati, Nita (2021) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Customer Loyalty Pada Social Shopping Community Menggunakan Structural Equation Modelling Dengan Variabel Moderasi UGC Level (Studi Kasus: SOCO). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000005-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan munculnya Social Shopping Community (SSC). SSC merupakan situs belanja online yang menyediakan platform untuk berbelanja dan berbagi informasi dengan sesama pengguna. Layanan terpenting yang diberikan SSC untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya adalah rekomendasi produk online. SOCO merupakan salah satu contoh SSC yang paling banyak digunakan di Indonesia dan dijadikan sebagai objek pada penelitian tugas akhir ini.
Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah perusahaan pengelola situs SOCO perlu meningkatkan layanan rekomendasi produk yang diberikan untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya. Oleh karena itu dilakukan pengukuran terhadap variabel-variabel berpengaruh yang diteliti pada penelitian ini.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis hubungan struktural pengaruh rekomendasi produk online terhadap proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dan implikasinya pada customer loyalty dengan mempertimbangkan pengaruh variabel moderasi UGC level, meningkatkan variabel terukur, dan mendapatkan variabel lain yang dapat berpengaruh. Sehingga dapat digunakan oleh SOCO untuk pengembangan layanan rekomendasi produk kedepannya.
Metode: Pengambilan data dilakukan melalui survei online yang diberikan kepada pengguna SOCO. Jumlah data yang digunakan minimal 200 data dengan kriteria responden yaitu generasi milenial dengan rentang usia 17-39 tahun, berdomisili di pulau Jawa, dan tidak terbatas pada pekerjaan apapun. Data kemudian diolah menggunakan SPSS untuk melakukan uji asumsi klasik. Metode yang digunakan untuk menguji model adalah confirmatory factor analysis dan untuk menguji hipotesis dilakuan pemodelan structural equation modelling.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa product evaluation cost dan decision making quality berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty sebesar β_PEC=-0.225,β_DMQ=0.28. Product screening cost berhubungan negatif dengan self reference sebesar γ_SRE=-0.406 dan berhubungan positif dengan deceptiveness serta information overload sebesar γ_DEC=0.402,γ_INO=0.196. Product evaluation cost dipengaruhi secara positif oleh deceptiveness dan information overload sebesar γ_DEC=0.369,γ_INO=0.298. Decision making quality secara negatif berhubungan dengan deceptiveness dan information overload sebesar γ_DEC=-0.24,γ_INO=-0.091. Pada penelitian ini, variabel UGC level tidak dapat memoderasi hubungan antara product screening cost, product evaluation cost, dan decision making quality terhadap customer loyalty. Selain itu diberikan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang berpengaruh signifikan seperti meningkatkan rekomendasi yang sesuai referensi diri, penyajian skor peringkat rata-rata pada rekomendasi, dan pemberian batasan maksimal penulisan konten.
Nilai Tambah: Penelitian ini bermanfaat untuk membantu perusahaan pengelola situs dalam mengidentifikasi faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pengembangan layanan rekomendasi produk di masa mendatang serta memberikan saran variabel yang dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya berdasarkan studi literatur.
=====================================================================================================
Context: The increasing number of social media users in Indonesia has led to the emergence of the Social Shopping Community (SSC). SSC is an online shopping site that provides a platform for shopping and sharing information with fellow users. The most important service that SSC provides to maintain customer loyalty is online product recommendations. SOCO is one of the most widely used SSC in Indonesia and it is used as the object of this final project research.
Problem: To increase customer loyalty, the SOCO site management company needs to improve the product recommendation services provided. Therefore, in this research were carried out the measurements of the influential variables.
Objective: This research aims to analyze the structural relationship of the influence of online product recommendations on the purchasing decision-making process made by consumers and their implications for customer loyalty by considering the influence of the moderating variable UGC level, increasing the measured variables, and getting other variables that can affect. So it can be used by SOCO to develop future product recommendation services.
Method: Data collection was carried out through an online survey given to SOCO users. There are at least 200 data with respondent criteria that used by the researcher, they are the millennial generation with an age range of 17-39 years, domiciled on the Java island, and not limited to any jobs. Then the data is processed using SPSS to test the classical assumptions. This research used the confirmatory factor analysis method to test the model and to test the hypothesis, structural equation modeling is carried out.
Results: The results showed that product evaluation cost and decision-making quality had a significant effect on customer loyalty by β_PEC=-0.225,β_DMQ=0.28. Product screening cost is negatively related to self-reference of γ_SRE=-0.406 and positively related to deceptiveness and information overload of γ_DEC=0.402,γ_INO=0.196. Product evaluation cost is positively influenced by deceptiveness and information overload by γ_DEC=0.369,γ_INO=0.298. Decision-making quality is negatively related to deceptiveness and information overload by γ_DEC=-0.24,γ_INO=-0.091. In this research, the UGC level variable could not moderate the relationship between product screening costs, product evaluation costs, and decision-making quality on customer loyalty. In addition, recommendations are given for raising significant factors such as improving self-referencing recommendations, averting the rating scores on recommendations, and bestoaching maximum limits on content writing.
Value Added: This research is useful to assist site management companies in identifying factors that can be taken into consideration in developing product recommendation services in the future as well as providing suggestions for variables that can be used for further research based on literature studies.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Customer Loyalty, Social Shopping Community, Structural Equation Modeling, Online product recommendations
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nita Ambarwati
Date Deposited: 16 Aug 2021 09:02
Last Modified: 16 Aug 2021 09:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87271

Actions (login required)

View Item View Item