Analisis E-Commerce Adoption Dan Product Evaluation Untuk Meningkatkan Repurchase Intention Menggunakan Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Shopee)

Kinasih, Retno Dwi (2021) Analisis E-Commerce Adoption Dan Product Evaluation Untuk Meningkatkan Repurchase Intention Menggunakan Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Shopee). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000020-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000020-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Tingginya pertumbuhan lingkungan pasar online telah menciptakan peluang dan tantangan bagi situs e-commerce, termasuk Shopee. Shopee dituntut untuk dapat mempertahankan kepercayaan konsumennya agar bisa mendorong pembelian kembali di situs mereka. Hal ini dikarenakan konsumen yang melakukan pembelian kembali berperan penting dalam keberhasilan e-commerce. Dimana mereka mengeluarkan lebih banyak uang saat melakukan pembelian kembali sehingga keuntungan yang diperoleh oleh situs e-commerce akan tumbuh lebih cepat.
Permasalahan: Shopee mengalami ketertinggalan dalam aspek reputasi yang baik, kebijakan kemudahan pengembalian barang, keaslian produk, dan customer service. Kondisi ini jika tidak dilakukan perbaikan akan berdampak pada menurunnya kepercayaan dan mengakibatkan penurunan niat pembelian kembali oleh konsumen. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh secara signifikan untuk membantu peningkatan niat pembelian kembali di situs e-commerce Shopee.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling berpengaruh diantara nilai yang dirasakan pengguna, kepercayaan, dan manfaat yang dirasakan dalam memengaruhi pembelian kembali pada situs e-commerce Shopee. Sehingga dapat digunakan untuk pengembangan situs e-commerce Shopee kedepannya berdasarkan faktor yang berpengaruh secara signifikan serta mengusulkan faktor lain yang dapat meningkatkan pembelian kembali oleh konsumen.
Metode: Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah divalidasi terlebih dahulu ke beberapa responden. Setelah tervalidasi, proses pengambilan data dilanjutkan kembali dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada pengguna Shopee berusia 20-50 tahun dan berdomisili di Pulau Jawa. 1059 data survei diolah menggunakan SPSS untuk pengujian asumsi klasik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Confirmatory Factor Analysis untuk menguji model dan dilakukan pemodelan Structural Equation Modeling untuk menguji hipotesis.
Hasil: Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah manfaat yang dirasakan pengguna dan kepercayaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian kembali. Manfaat yang dirasakan memengaruhi niat pembelian kembali dengan nilai pengaruh sebesar 0.39 dan kepercayaan memengaruhi niat pembelian kembali dengan nilai pengaruh sebesar 0.29. Sedangkan persepsi risiko dan nilai yang dirasakan pengguna tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian kembali.
Nilai Tambah: Penelitian ini dapat membantu penyedia e-commerce untuk mengetahui faktor yang paling berperan dalam memengaruhi niat konsumen dalam melakukan pembelian kembali sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam pengembangan layanan di masa mendatang serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.
================================================================================================================
Context: The high growth of the online market sector has created both opportunities and challenges for e-commerce sites, including Shopee. Shopee is required to be able to maintain consumers' trust in order to encourage repurchase on their site. This is because consumers who make repeat purchases play an important role in the success of e-commerce. This type of consumer spends more money when making repeat purchases so that the profits obtained by e-commerce sites will grow faster.
Problem: Shopee is still lacking in terms of good reputation, easy return policy, authentic product, and customer service. These problems can lead to a decrease in trust and have an impact on decreasing repurchase intention. For this reason, it is necessary to identify the influence of the most significant factors to increase repurchase intention on the Shopee e-commerce site.
Objective: This research aims to analyze the most influential factors in influencing repurchase on the Shopee e-commerce site. Thus, it can be used for development of the Shopee e-commerce site in the future based on significant factors, and suggests other factors that can increase repurchase by consumers.
Method: Data collection was carried out by distributing online questionnaires which had been validated first to some of the selected respondents. After being validated, the data collection process was resumed by distributing online questionnaires to 20-50 years old Shopee users in Java island. 1059 data is then processed using SPSS for the Classic Assumption Test. After passing the test, the data is then processed for the Confirmatory Factor Analysis test to test the model and Structural Equation Modeling test to test the hypothesis of the model.
Results: The results obtained in this study are perceived usefulness and trust have a significant impact on repurchase intentions. Perceived usefulness affects repurchase intentions with value of 0.39 and trust affects repurchase intentions with value of 0.29. Whereas perceived risk and perceived value do not significantly affect the repurchase intentions.
Value Added: This research is expected to assist e-commerce companies to understand the factors that play a major role in influencing consumers’s repurchase intention so that it can be taken into consideration in developing services in the future. And this research can be used as a reference for further research.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repurchase Intention, Kepercayaan, E-commerce, Structural Equation Modeling, Trust
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Retno Dwi Kinasih
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:19
Last Modified: 19 Aug 2021 02:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87363

Actions (login required)

View Item View Item