Analisis Pengaruh Trust dan Commitment Pada Pelanggan Kedai Kopi Janji Jiwa Untuk Meningkatkan Loyalty dan Worth Of Mouth Menggunakan Metode Structural Equation Modelling

Nadir, Muhammad (2022) Analisis Pengaruh Trust dan Commitment Pada Pelanggan Kedai Kopi Janji Jiwa Untuk Meningkatkan Loyalty dan Worth Of Mouth Menggunakan Metode Structural Equation Modelling. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000101_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000101_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Semakin banyak resto dan café yang bermunculan dengan berbagai konsep dan menu-menu kopi yang unik dengan berbagai campuran yang ada, seperti halnya Kedai Kopi Janji Jiwa. Menurut pemilik Kedai Kopi Janji Jiwa, Billy Kurniawan dalam Kusumawardhani, sepanjang pertengahan 2019, sudah ada 300 outlet Kedai Kopi Janji Jiwa baru di Indonesia di 50 kota besar yang ada di Indonesia.Janji Jiwa mengambil sebuah konsep fresh-to-cup dengan penyajian kopi yang diambil dari petani lokal Indonesia.
Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah merekrut pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama menjadi sebuah tantangan berat bagi Kedai Kopi Janji Jiwa, dimana hanya mengandalkan strategi asset utamanya yaitu kemampuan untuk menawarkan sebuah pengalaman pengguna. Dalam meningkatkan customer experience tersebut, pengelola hubungan pemasaran perlu untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi loyalty dan WOM berdasarkan aspek positif dan aspek negatif pada Kedai Kopi Janji Jiwa.
Tujuan: Analisis secara struktural pengaruh trust dan commitment untuk meningkatkan loyalty dan WOM. Serta memberikan sebuah rekomendasi yang dapat meningkatkan customer experience kepada pihak Kedai Kopi Janji Jiwa.
Metode: Metode yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Shaked Gilboa, Ofir Mimran, Tali Seger-Guttman. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran survey secara online melalui media social dan personal message dengan minimum 200 traget responden yang pernah melakukan belanja dan mengunjungi Kedai Kopi Janji Jiwa.
Hasil: Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah nilai setiap faktor dalam mempengaruhi loyalty dan WOM di Kedai Kopi Janji Jiwa. Pada customer experience antecedents, customer attitudes, customer outcomes ini akan mendapatkan sebuah strategi yang dapat meningkatkan customer experience yang dimiliki Kedai Kopi Janji Jiwa.
Nilai Tambah: Penelitian ini bermanfaat untuk membantu pemasar dalam mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi loyalty dan WOM pada Kedai Kopi Janji Jiwa serta memberikan saran variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalty dan WOM berdasarkan kajian literatur yang ada.
=======================================================================================================
Context: More and more restaurants and cafes are popping up with various concepts and unique coffee menus with various mixes, such as the Kedai Kopi Janji Jiwa. According to the owner of the Kedai Kopi Janji Jiwa, Billy Kurniawan in Kusumawardhani, throughout the middle of 2019, there were already 300 new outlets of the Kedai Kopi Janji Jiwa in Indonesia in 50 major cities in Indonesia. taken from local Indonesian farmers.
Problem: The problem faced is that recruiting new customers and retaining old customers is a formidable challenge for the Kedai Kopi Janji Jiwa, which only relies on its main asset strategy, namely the ability to offer a user experience. In improving the customer experience, relationship marketing managers need to identify factors that influence loyalty and WOM based on positive and negative aspects of Kedai Kopi Janji Jiwa.
Objective: Structural analysis of the effect of trust and commitment to increase loyalty and WOM. As well as providing a recommendation that can improve customer experience to the kedai Kopi Janji Jiwa.
Method: The method used is Structural Equation Modeling analysis using the model developed by Shaked Gilboa, Ofir Mimran, Tali Seger-Guttman. Data collection was carried out by distributing online surveys through social media and personal messages with a minimum of 200 target respondents who had shopped and visited Kedai Kopi Janji Jiwa.
Results: The results achieved in this study are the value of each factor in influencing loyalty and WOM at Kedai Kopi Janji Jiwa. On customer experience antecedents, customer attitudes, customer outcomes, this will get a strategy that can improve the customer experience of Kedai Kopi Janji Jiwa.
Value Added: This research is useful to assist marketers in identifying the factors that influence loyalty and WOM at Kedai Kopi Janji Jiwa as well as to provide suggestions for other variables that can affect loyalty and WOM based on the existing literature review.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Small business, Kedai Kopi Janji Jiwa, relationship marketing, customer experience, trust, commitment, loyalty, worth of mouth,Structural Equation Modelling
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Nadir
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:57
Last Modified: 18 Feb 2022 08:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94479

Actions (login required)

View Item View Item