Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile E-Commerce Menggunakan Model Sukses Sistem Informasi DeLone dan McLean (Studi Kasus:Lazada)

Belinda, Safa Azzahra (2023) Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile E-Commerce Menggunakan Model Sukses Sistem Informasi DeLone dan McLean (Studi Kasus:Lazada). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000127-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000127-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi terus berkembang di era digital yang dapat dilihat dari survei yang diadakan oleh APJII pada tahun 2022, pengguna internet di Indonesia terus bertambah dari 175 juta pengguna hingga 220 juta pengguna. Meski kehadiran layanan digital ini mendisrupsi model bisnis tradisional, kemunculan teknologi juga memberikan peluang bagi pasar. Untuk dapat memenangkan persaingan, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakan platform e-commerce berbasis digital. Salah satu kunci kesuksesan e-commerce adalah sistem informasi yang baik. Di Indonesia, Lazada merupakan salah satu e-commerce yang banyak digunakan. Namun, statistik pemakaian Lazada cenderung menurun karena pengguna merasa tidak puas akan layanan dari Lazada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan aplikasi mobile Lazada dengan menggunakan metode PLS-SEM sebagai dasar analisis terhadap model penelitian yang diusulkan yaitu Model Sukses Sistem Informasi DeLone dan McLean. Responden dari penelitian ini adalah pengguna yang pernah bertransaksi dengan aplikasi Lazada dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian data dilakukan dengan mmenggunakan software SmartPLS 4. Dari 9 hipotesis yang disulkan, didapatkan 7 hipotesis yang diterima. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Information Quality, System Quality, dan Service Quality memengaruhi User Satisfaction. Service Quality dan User Satisfaction memengaruhi Use, sedangkan Information Quality dan System Quality tidak. User satisfaction dan Use memengaruhi Net Benefits.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, delone and mclean, PLS-SEM, information system, delone dan mclean, sistem informasi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.34 Mobile commerce.
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Belinda Safa Azzahra
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:22
Last Modified: 18 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102191

Actions (login required)

View Item View Item