PENGARUH INTERIOR BRANDING TERHADAP BRAND LOYALTY GENERASI Y PADA SOCIAL BARN MAKASSAR

Ramadhina, R. Mekar Liza (2024) PENGARUH INTERIOR BRANDING TERHADAP BRAND LOYALTY GENERASI Y PADA SOCIAL BARN MAKASSAR. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 602922100008-Master_Thesis.pdf] Text
602922100008-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Branding merupakan strategi utama dalam pemasaran yang melibatkan pembentukan merek dan basis konsumen yang loyal. Branding yang konsisten dan berulang dapat memperkuat nilai merek di benak masyarakat, mempermudah transaksi konsumen melalui loyalitas yang tercipta. Salah satu strategi branding efektif adalah interior branding, yang melibatkan penataan ruang fisik. Teori interior branding pertama kali diusung oleh Kim Kuhteubl pada tahun 2016. Sejak saat itu, teori ini mulai diterapkan dalam berbagai ruang fisik. Walau begitu, belum terdapat penelitian yang membahas mengenai penerapan interior branding dalam menunjang kelangsungan bisnis dan kesuksesan merek. Teori Customer-Based Brand Equity (CBBE) oleh Keller menyampaikan bahwa kesesuaian antara identitas merek, makna merek, dan respons merek sangat penting untuk mencapai tahap resonance atau loyalitas merek. Teori loyalitas ini sejalan dengan tujuan branding dalam membuka peluang bagi merek untuk bersaing lebih baik.
=========================================================
Kopi memiliki fungsi konsumsi dan sosial dalam kehidupan masyarakat. Coffee shop telah menjadi tempat ideal bagi anak muda perkotaan di Indonesia untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Jumlah coffee shop di Indonesia meningkat secara signifikan, menandakan adanya kompetisi bisnis yang semakin ketat. Oleh karena itu, pemasaran menjadi aspek penting dalam mencapai pertumbuhan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan.
=========================================================
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kontribusi konsep interior branding terhadap loyalitas konsumen di Social Barn Makassar, dengan fokus pada Generasi Y sebagai subjek penelitian. Generasi Y memiliki karakteristik unik dalam pola konsumsi dan loyalitas merek, yang menjadikan mereka subjek yang penting untuk memahami fenomena loyalitas yang terjadi. Penelitian ini diharapkan mampu memberi manfaat bagi pengembangan ilmu desain interior, khususnya pada skala komersial seperti coffee shop, dalam perwujudan desain interior yang lebih optimal.
=========================================================
Metode penelitian yang dilakukan ialah metode campuran dalam pengumpulan data observasi pada sosial media, wawancara kepada store manager, dan kuisioner yang diisi oleh 105 responden. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif guna menjabarkan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interior branding Social Barn Makassar berhasil mempengaruhi loyalitas pada Generasi Y secara signifikan melalui konsistensi implementasi brand identity yang menunjang kegiatan dan identitas mereka sebagai generasi yang mengedepankan estetika, keamanan, dan kenyamanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: interior branding, brand loyalty, generasi Y, interior branding, brand loyalty, Y-generation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
N Fine Arts > NA Architecture > NA2750.N27 Architectural design--Evaluation.
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90021-(S2) Master Thesis
Depositing User: R. Mekar Liza Ramadhina
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:55
Last Modified: 06 Aug 2024 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112274

Actions (login required)

View Item View Item