KONSISTENSI PENGGUNAAN METODE FMEA TERHADAP PENILAIAN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus: Bank XYZ)

CAHYABUANA, BRIGITTA DEVIANTI (2016) KONSISTENSI PENGGUNAAN METODE FMEA TERHADAP PENILAIAN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus: Bank XYZ). skripsi thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100011-abstract.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5211100011-conclusionpdf.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5211100011-Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pesat dan semakin banyak pemanfaatan teknologi informasi diberbagai bidang. Tak terkecuali dalam dunia perbankan, semakin banyak perusahaan perbankan memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah proses bisnis dan memudahkan para nasabah memiliki berbagai kemudahan. Teknologi informasi yang digunakan berpotensi memiliki risiko sehingga diperlukan analisis manajemen risiko. Analisis manajemen risiko pada penggunaan teknologi informasi diperlukan suatu metode dalam melakukan pemrioritasan nilai risiko. Metode yang digunakan dalam melakukan pemrioritasan risiko adalah Failure Mode Effect and Analysis (FMEA). Penilaian risiko ini digunakan pada studi kasus penggunaan teknologi informasi pada teller Bank XYZ. Penilaian risiko ini, dilakukan oleh dua tim yang berbeda untuk membandingkan hasil yang diperoleh serta untuk mengetahui apakah penilaian yang dilakukan memiliki hasil yang konsisten atau tidak. Analisis mengenai konsistensi hasil penilaian risiko menggunakan metode FMEA, dilakukan metode analisis kesenjangan dan metode kualitatif untuk mengidentifikasi penyebab dari hasil penilaian risiko yang tidak sama. Hasil yang didapatkan mengenai penyebab penilaian risiko menggunakan metode FMEA menjadi belum konsisten adalah metode pemrioritasan yang digunakan, prosedur dalam melakukan penilaian risiko, pengetahuan narasumber, dan kemampuan fasilitator dalam melakukan penilaian risiko menggunakan metode FMEA. Hasil penilaian risiko menggunakan metode FMEA yang belum konsisten, menjadi acuan dalam membuat kerangka FMEA yang disesuaikan dengan kebutuhan Bank XYZ dalam melakukan penilaian risiko. Penelitian ini diharapkan menunjukkan hasil dari konsistensi penggunaan metode FMEA dan pembuatan rekomendasi perbaikan penggunaan metode FMEA yang sesuai dengan kondisi perusahaan XYZ.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen risiko teknologi informasi; penilaian risiko; pemrioritasan risiko; FMEA; konsistensi metode FMEA
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 08 Jun 2016 18:41
Last Modified: 26 Dec 2018 06:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item