Analisis Penerimaan Mahasiswa Pengguna E-Commerce Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus : olx.co.id)

Ahdy, Ahmad Aufal (2015) Analisis Penerimaan Mahasiswa Pengguna E-Commerce Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus : olx.co.id). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5211100010-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5211100010-Presentation.pdf]
Preview
Text
5211100010-Presentation.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

OLX adalah jaringan situs e-commerce yang berdiri tahun
2006 di Argentina. OLX berkembang pesat dengan memiliki
banyak situs di berbagai negara sesuai dengan domain negara
masing-masing. Jaringan OLX di Indonesia memiliki domain
olx.co.id yang awal mulanya adalah tokobagus.com. Pada
tahun 2014 tokobagus.com diambil alih oleh jaringan OLX
sehingga resmi berubah domain menjadi olx.co.id.
Banyak faktor yang mempengaruhi pengguna agar
menggunakan OLX Indonesia dalam proses jual beli secara
online. Analisis faktor yang mempengaruhi tingkat
penerimaan pengguna dapat dilakukan dengan mengadakan
survey yang melibatkan pengguna atau pengunjung olx.co.id.
Diantaranya yaitu penjual atau pembeli di situs olx.co.id.
Innovation Diffusion Theory-Technology Acceptance
Model(IDT-TAM) digunakan sebagai model dalam melakukan
evaluasi OLX Indonesia. Data dari hasil survey diolah dengan
teknik Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil dari Tugas Akhir ini menyatakan 5 hipotesis dari 9
hipotesis yang ada dapat dipenuhi. Variabel Actual Use
dipengaruhi oleh variabel Perceived Usefulness. Variabel
vi
Perceived Usefulness sendiri dipengaruhi oleh variabel
Relative Advantage, Image, Compatibility, dan Result
Demonstrability. Sedangkan variabel Perceived Ease of Use
dipengaruhi oleh variabel Compatibility dan Result
Demonstrability. ========== OLX is an e-commerce network which started in 2006 at
Argentina. OLX is currently growing up and has so many
websites in many other countries with each country’s
appropriate domain. OLX network in Indonesia has a domain
named olx.co.id, formerly, tokobagus.com. In 2014,
tokobagus.com was bought by OLX network, therefore,
officially changed its domain name to olx.co.id
Many factors affect users to use OLX Indonesia for buying or selling online. Factors which affect user acceptance can be analyzed by survey that involves user or visitor at olx.co.id including seller and buyer at olx.co.id. Innovation Diffusion Theory Technology Acceptance Model (IDT-TAM) is used as a model to evaluate OLX Indonesia. The data from survey is processed by Structural Equation Modelling (SEM) The output from this final project shows that 5 out of 9 hypotheses can be fulfilled. Actual Use variable is affected by Perceived Usefulness variable. Perceived Usefulness variable itself is affected by Relative Advantage, Image, Compatibility, and Result Demonstrability variable. While Perceived Ease of
Use variable is affected by Compatibility and Result
Demonstrability variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Mahasiswa Pengguna; ECommerce; Innovation Diffusion Theory-Technology Acceptance Model; Structural Equation Modelling; Student User Acceptance; E-Commerce; Innovation Diffusion Theory-Technology Acceptance Model; Structural Equation Modeling
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:47
Last Modified: 10 Jul 2018 04:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52057

Actions (login required)

View Item View Item