Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Perumahan Bukit Cemara Tujuh Malang

Nugroho, Muhammad Survo (2007) Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Perumahan Bukit Cemara Tujuh Malang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3104109630-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3104109630-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (32MB)

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan rumah bagi masyarakat perkotaan, mendorong semakin meningkatnya jumlah perusahaaan pengembang, yang melayani kebutuhan masyarakat kota akan perumahan. Namun akibat terjadinya krisis ekonomi pada awal tahun 1998, maka terjadi penvusutan jumlah pengembang pembangunan rumah menengah yang mencapai prosentasi yang signifikan, yaitu sebesar 60%. Faktor utama penyebab penurunan jumlah pengembang ini adalah kelemahan-kelemahan manajerial dalam tubuh pengembang itu sendiri. Salah satu kelemahan manajerial yang kurang diperhatikan pengembang adalah pengembangan produk rumah yang kurang memperhatikan kepuasan konsumen. Padahal masalah kepuasan, menjadi prioritas utama bagi konsumen dalam membeli suatu produk. Mengingat demikian pentingnya factor kepuasan konsumen dalam bisnis perumahan. maka setiap perusahaan pengembang perumahan harus memandang factor kepuasan konsumen sebagai bagian penting dalam manajemen perusahaan . Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang kepuasan konsumen terhadap produk perumahan. Kepuasan konsumen ditinjau dari karakteristik konsumen, serta mengetahui ada tidaknva perbedaan tingkat kepuasan ditinjau dari jenis tipe rumah. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk dari PT. Bumi Andika Permai dan di dalam penelitian ini untuk masing - masing tipe diambil sebanyak 25 % dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang terpilih menjadi sampel. Untuk mendeskripsikan masing – masing penelitian digunakan analisis deskriptif frequencies untuk mengetahui mean - nya sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat kepuasan digunakan analisis varian satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sebagian besar konsumen sebanyak 66,41 % menyatakan puas terhadap produk rumah yang dibelinya, (2) dari masing - masing karakteristiknya, konsumen menyatakan puas terhadap produk rumah yang dibelinya, (3) ada perbedaan tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari jenis tipe rumah.
===============================================================================================================================
The growing of requirement of house to urban society, pushing the growing of the amount of developer company, that serving requirement of urban community of housing. But effect of tne happening of economic crises in the early year 1998, hence happened decrease of amount developer the development of tired middle house get procentage which is significan. that A equal to 60% . Primary factor cause of degradation amount of this developer is weakness of manajerial inside body developer of it self. One of the manajerial weakness that less paid attention by the developer is the development of house product which is less paying attention of consumer satisfaction. Though the problem of satisfaction, becoming especial priority to consumer in buying a product. Considering the important factor of consumer satisfaction in housing business, hence each developer company of housing have to look into factor consumer satisfaction as important parts in company management. Target of this research for describing about consumer satisfaction to housing products, satisfaction of consumer evaluated from consumer characteristic, and also know there is do or not difference of satisfaction level evaluated from house type. Which become population in this research is consumer that buying product from PT. Bumi Andika Permai and in this in research for each type taken by counted 25% from population. Collecting of sample conducted by alloting kuesioner to chosen responder that become sample. For describing of each research used by descriptive analysis of frequencies to know the average while to know there is do or not the difference of satisfaction level used by variant one band analysis. Result of research indicate that: (1) most consumen counted 66, 41% expressing to satisfy to bought their house product, (2) from each characteristic , consumer express to satisfy to bought their house product, (3) there is difference of level satisfaction of consumer evaluated from house type.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 658.812 Nug a 2007
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Rumah, Satisfaction of Consumer, House
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:54
Last Modified: 17 Apr 2023 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97741

Actions (login required)

View Item View Item