PENGARUH FITUR PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PRODUK ELEKTRONIK SMARTPHONE MEREK SAMSUNG

Fathoni, Firsa Zaidan (2024) PENGARUH FITUR PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PRODUK ELEKTRONIK SMARTPHONE MEREK SAMSUNG. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111940000073_firsa zaidan_skripsi_.pdf] Text
09111940000073_firsa zaidan_skripsi_.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB)

Abstract

Pasar smartphone dalam skala global telah mengalami perkembangan dengan sangat pesat, begitupun dengan keadaan pasar smartphone skala nasional. Khususnya Samsung yang dalam beberapa periode terkini menjadi penguasa pasar smartphone di Indonesia. Pesatnya pengembangan fitur produk smartphone yang dilakukan oleh produsen, membuat konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk smartphone di pasaran. Fitur produk telah menjadi salah satu faktor yang memengaruhi preferensi konsumen dalam pemilihan produk smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fitur produk apa yang menjadi prioritas dalam keterlibatannya memengaruhi preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 280 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur produk yang menjadi prioritas sesuai dengan preferensi konsumen dimulai dari kapasitas penyimpanan internal (internal storage), daya tahan baterai (battery), performa RAM (random access memory), kualitas kamera utama (main camera resolution), dan yang terakhir adalah ukuran layar (screen size). Pemahaman mendalam terhadap preferensi ini tidak hanya memberikan panduan bagi pengembangan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar, tetapi juga strategi pemasaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.34 Mobile commerce.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Firsa Zaidan Fathoni
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:57
Last Modified: 13 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114265

Actions (login required)

View Item View Item