Nabila, Nafisa Sufi (2025) Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Melalui Aplikasi Online Travel Agency Menggunakan Partial Least Square–Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5026211010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
KOnteks : Persaingan ketat antara Online Travel Agency (OTA) mengharuskan setiap perusahaan memiliki strategi unik untuk menjangkau pelanggan. OTA, sebagai platform digital yang menyediakan layanan pemesanan perjalanan, memainkan peran sebagai perantara antara konsumen dan penyedia layanan. Dengan 79,5% penduduk Indonesia menggunakan internet pada tahun 2024, idealnya OTA mengandalkan aplikasi seluler untuk meningkatkan pengalaman dan memperkuat hubungan dengan pengguna. Traveloka, aplikasi OTA terpopuler di Indonesia, terus berkembang dengan menambah berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dari awalnya hanya menawarkan pemesanan tiket pesawat domestik, Traveloka kini menyediakan pemesanan tiket pesawat internasional, transportasi darat, atraksi, dan hotel. Pertumbuhan positif ini meningkatkan ketertarikan pengguna untuk melakukan pembelian melalui aplikasi tersebut.
Permasalahan: Selain mengembangkan layanan yang ditawarkan, aplikasi Traveloka juga perlu memperhatikan faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi niat pembelian melalui aplikasi tersebut. Di zaman sekarang, dengan banyaknya perusahaan OTA di Indonesia, setiap perusahaan harus menonjolkan nilai uniknya untuk menarik minat pengguna. Namun, dalam penelitian sebelumnya masih terdapat keterbatasan terhadap aksesibilitas sampel yang digunakan dan aplikasi OTA yang digunakan tidak menjurus pada satu aplikasi OTA saja. Oleh karena itu, diperlukan penelitian mendalam untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian melalui OTA khususnya aplikasi Traveloka, serta menganalisis hubungan antara keterbukaan terhadap perubahan dan kompatibilitas terhadap manfaat dan risiko yang dirasakan oleh pengguna.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat pembelian melalui aplikasi OTA dan mengidentifikasi bagaimana hubungan antara keterbukaan terhadap perubahan dan kompatibilitas terhadap manfaat dan risiko yang dirasakan oleh pengguna.
Metode: Analisis dan pengujian Tugas Akhir ini dilakukan menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan mengangkat topik Online Travel Agency (OTA). Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada minimal 200 responden yang menggunakan aplikasi OTA Traveloka dan berusia minimal 18 tahun.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel openness to change, compatibility, perceived benefits, dan subjective norm memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pengguna dalam melakukan pembelian layanan melalui aplikasi OTA Traveloka. Sementara itu, variabel perceived risk memiliki pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap niat pembelian melalui aplikasi OTA Traveloka. Kemudian, variabel openness to change dan compatibility memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel perceived benefits dan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap variabel perceived risk. Selain itu, terdapat saran yang diberikan kepada penyedia layanan aplikasi Traveloka berdasarkan hasil faktor yang mempengaruhi niat pembelian melalui aplikasi OTA Traveloka.
Nilai Tambah: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa data analisis dan indentifikasi mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pengguna dalam melakukan pembelian layanan perjalanan melaui aplikasi OTA Traveloka, dimana hasil tersebut dapat memberikan rekomendasi kepada penyedia layanan aplikasi Traveloka serta dapat dimanfaatkan untuk pengembangan penelitian selanjutnya.
======================================================================================================================================
Context: The intense competition among Online Travel Agencies (OTAs) necessitates that each company adopt a unique strategy to reach their customers. As a digital platform providing travel booking services, OTAs act as intermediaries between consumers and service providers. With 79.5% of Indonesia's population using the internet by 2024, it is ideal for online travel agencies to rely on mobile applications to enhance user experience and strengthen relationships with users. Traveloka, the most popular OTA application in Indonesia, continues to expand by adding various services to meet user needs. Initially offering only domestic flight bookings, Traveloka now provides international flight bookings, ground transportation, attractions, and hotels. This positive growth increases users' interest in making purchases through the application.
Problem: In addition to developing the services offered, the Traveloka application also needs to consider other factors that can influence purchase intention through the application. Nowadays, with so many of OTA companies in Indonesia, each company must highlight its unique value to attract user interest. However, previous research has shown limitations regarding the accessibility of the sample used, and the OTA studied were not focused on a single OTA application. Therefore, an in-depth study is needed to explore the factors that influence purchase intention through OTAs, particularly the Traveloka application, as well as to analyze the relationship between openness to change and compatibility with the perceived benefits and risks experienced by users.
Objective: The objective of this study is to identify the factors that purchase intention through the Traveloka application and to examine how openness to change and compatibility can affect users' perceived benefits and perceived risk.
Method: The analysis and testing in this thesis are conducted using the Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method, focusing on the topic of Online Travel Agencies (OTAs). Data collection is carried out by distributing questionnaires to at least 200 respondents who use the Ttaveloka OTA app and are at least 18 years old.
Result: The results of this study indicate that the variables openness to change, compatibility, perceived benefits, and subjective norm have a positive significant impact on purchase intention through the Traveloka OTA application. Meanwhile, the variabel perceived risk has a negative but not significant impact on purchase intention through the Traveloka OTA application. Furthermore, the variables openness to change and compatibility have a positive significant impact on perceived benefits and a negative significant impact on perceived risk. Additionally, recommendations are provided to the Traveloka application service provider based on the factors influencing purchase intention through the Traveloka OTA application.
Added Value: This research is expected to contribute data analysis and identification of the factors that can influence users’ intention to purchase travel service through the Traveloka OTA application. The results can provide recommendations to the Traveloka application service provider and can be utilized for the development of future research.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Travel Agency, Purchase Intention, Openness to Change, Compatibility, Partial Least Square-Structural Equation Modeling, Online Travel Agency, Purchase Intention, Openness to Change, Compatibility, Partial Least Square-Structural Equation Modeling. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE147.6 Transportation--Planning H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1976 Tickets H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Nafisa Sufi Nabila |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:30 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/119438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |