Aprila, Fatria (2025) Pengembangan Sistem Robot Pembelajaran Untuk Menganalisi Interaksi Siswa Disabilitas Intelektual Dengan Robot Pembelajaran Secara Real-Time. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5023211046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa dengan disabilitas intelektual sering mengalami kesulitan dalam memahami instruksi dan mempertahankan fokus, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan terstruktur. Penelitian ini mengembangkan robot pembelajaran yang mampu menganalisis interaksi siswa secara real-time, seperti durasi, jumlah pengulangan, dan akurasi jawaban, serta menyimpan data ke dalam database. Hasil pengujian menunjukkan bahwa subjek yang menggunakan pembelajaran dengan robot memperoleh tingkat akurasi rata-rata sebesar 100%, dengan waktu interaksi rata-rata 0,57 menit dan jumlah pengulangan hanya satu kali. Sementara itu, subjek yang menggunakan metode konvensional menunjukkan akurasi lebih rendah, yaitu 72,67% dan 44,44%, dengan durasi dan pengulangan yang lebih tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa sistem robot pembelajaran memberikan hasil yang lebih stabil dan efisien dalam proses pembelajaran. Analisis karakteristik subjek juga menunjukkan bahwa fitur seperti visualisasi menarik, audio jernih, interaksi adaptif, dan kontrol lingkungan yang baik meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penggunaan layar besar, efek suara, dan gerakan robot turut mendukung keterlibatan siswa. Dengan demikian, metode pembelajaran menggunakan robot asistif terbukti efektif bagi siswa disabilitas intelektual. Namun, sistem ini masih perlu dikembangkan, terutama dalam personalisasi materi, peningkatan respons interaktif, serta pencatatan dan penyesuaian strategi belajar secara real-time. Ke depannya, sistem ini berpotensi menjadi media pembelajaran komunal yang adaptif terhadap aspek sosial, emosional, dan kognitif siswa, sehingga mendukung terciptanya proses belajar yang inklusif, interaktif, dan menyenangkan. Rancangan pengembangan untuk penelitian berikutnya adalah pengumpulan data dan pengolahan data real-time bisa di bantu dengan adanya IoT, kemudian penambahan materi yang sesuai dengan karakter dan level anak disabilitas intelektual, memperluas subjek penelitian, dan analisis langsung ekspresi wajah, respon motorik, dan fokus visual untuk subjek siswa dengan disabilitas intelektual, dan perancangan sistem robot yang bisa di gunakan secara komunal.
=======================================================================================================================================
Students with intellectual disabilities often have difficulty understanding instructions and maintaining focus, requiring more interactive and structured learning methods. This study developed a learning robot capable of analyzing student interactions in real time, including duration, number of repetitions, and accuracy of responses, and storing the data in a database. Test results showed that subjects using the robot achieved an average accuracy rate of 100%, with an average interaction time of 0.57 minutes and a single repetition. Meanwhile, subjects using conventional methods showed lower accuracy rates of 72.67% and 44.44%, respectively, with higher duration and repetitions. This indicates that the learning robot system provides more stable and efficient results in the learning process. Analysis of subject characteristics also showed that features such as engaging visualizations, clear audio, adaptive interactions, and good environmental control enhance learning effectiveness. The use of a large screen, sound effects, and robot movements also support student engagement. Thus, the learning method using an assistive robot has proven effective for students with intellectual disabilities. However, this system still needs development, particularly in personalizing materials, enhancing interactive responses, and recording and adjusting learning strategies in real time. In the future, this system has the potential to become a communal learning medium that is adaptive to the social, emotional, and cognitive aspects of students, thus supporting the creation of an inclusive, interactive, and enjoyable learning process. The development design for the next research is data collection and real-time data processing can be assisted by the presence of IoT, then the addition of materials that are appropriate to the character and level of children with intellectual disabilities, expanding research subjects, and direct analysis of facial expressions, motor responses, and visual focus for students with intellectual disabilities, and designing a robot system that can be used communally.
Actions (login required)
![]() |
View Item |