Analisis Sikap Dan Niat Pengguna Instagram Terhadap Akun Resmi Instagram Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Pameilia, Diajeng Elsa (2018) Analisis Sikap Dan Niat Pengguna Instagram Terhadap Akun Resmi Instagram Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 091140000021-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
091140000021-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media sosial di Indonesia bertumbuh secara positif setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan semakin banyak minat pengguna instagram dalam memiliki sebuah akun di instagram. Fenomena tersebut membuat banyak perusahaan bahkan perguruan tinggi yang ada di Indonesia berlomba-lomba untuk membuat akun resmi instagram. Dengan keunggulan fitur seperti followers dan hashtag, instagram semakin mudah digunakan dalam membantu komunikasi pemasaran sebuah perusahaan maupun perguruan tinggi. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang ternama, instagram Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki jumlah followers yang masih sedikit, begitu halnya dengan penggunaan hashtag yang kurang konsisten, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jumlah followers dan hashtag terhadap sikap dan niat berpartisipasi akun resmi ITS. Analisis data penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan desain eksperimen sejumlah empat eksperimen yang berbeda dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling sebanyak 440 kuesioner yang akan dikurangi dengan sejumlah responden yang tidak mengikuti akun resmi instagram perguruan tinggi menjadi 327 responden. Responden yang ditargetkan adalah siswa/siswi SMA kelas 3 yang berdomisili di Surabaya. Penelitian ini menggunakan Analysis of Variance (ANOVA), Analysis of Covariance (ANCOVA), dan simple linear regression untuk menguji hipotesis. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara wawancara enam narasumber yang mendukung hasil temuan data kuantitatif penelitian ini. Hasil temuan penelitian ini adalah dengan banyaknya jumlah followers dan adanya hashtag mempengaruhi sikap dan niat untuk berpartisipasi (follow). Implikasi manajerial dapat diaplikasikan untuk ITS yang memiliki akun resmi di instagram untuk meningkatkan jumlah followers dan adanya hashtag yang konsisten untuk membentuk sikap pengguna instagram yang positif.
========================================================================================================
Social media in Indonesia grow positively every year. This condition align with instagram interest growth to have an account in instagram. Those phenomena influenced many company and institution in Indonesia to compete each other to make official account in instagram. With the beneficial feature like followers, and hashtag, instagram being more easy to use to help marketing communication of a company or institution. As one of the most famous institutions in Indonesia, instagram of Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS) has a relatively small number of followers, as does the less consistent hashtag. Thus, this research purposed to know the effect of followers number and hashtag towards attitude and intention to participate official account of ITS. Data analysis used quantitative and qualitative method. This research quantitative method used four experimental design use 440 respondent with cluster sampling technique which will be reduced by the number of respondents who do not follow the official account instagram of college till 327 respondents. The respondent targeted in students who domiciled in Surabaya third class. This research using Analiysis of Variance (ANOVA), Analysis of Covariance (ANCOVA), and simple linier regression to test the hypotheses. Qualitative data analysis interview six interviewees to supporting the findings of quantitative data of this research. The findings of this study are the number of followers and the hashtag influences the attitude and intention to participate (follow). The managerial implications can be applied to ITS who has official account in instagram to increase number of followers and usages of hashtag consistanly for shaping positive instagram user attitude.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.834 3 Pam a-1 2018 3100018078634
Uncontrolled Keywords: followers, hashtag, sikap, niat berpartisipasi, instagram.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Diajeng elsa pameilia
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:17
Last Modified: 08 Dec 2020 04:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56038

Actions (login required)

View Item View Item