Kasyidi, Aditya (2019) Perbandingan Pengaruh Faktor Inovasi, Kepercayaan, dan Norma Subjektif pada Minat Penggunaan Layanan Perbankan Mobile untuk Kelompok Generasi X dan Y di Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09111540000094-Undergraduate_Theses.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini perkembangan teknologi menjadi salah satu hal yang terus berjalan, tidak terkecuali pada sektor perbankan. Melihat gelagat teknologi dan aspek kemudahan serta kepraktisan yang dibutuhkan konsumen, perbankan berlomba-lomba menawarkan layanan perbankan mobile versi terbarunya dengan mengucurkan dana investasi yang tidak sedikit agar diminati oleh nasabahnya. Selain itu, hasil dari digitalisasi pada layanan sektor perbankan untuk memberikan efisiensi akhirnya dapat memudahkan nasabah dalam melakukan layanan hanya dari smartphonenya, perbankan berharap teknologi yang ditawarkannya mampu memberikan lebih banyak kepuasan pada nasabah, selain itu tingkat inklusi keuangan Indonesia yang perlu ditingkatkan menjadi salah satu alasan perbankan berbasis mobile ini perlu untuk terus melakukan penetrasi sehingga diharapkan akan lebih banyak calon nasabah yang memiliki akses perbankan dengan lebih mudah di kemudian hari. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengambil studi kasus pada Kota Surabaya untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pada penggunaan layanan perbankan mobile terhadap 2 kelompok generasi, yaitu Generasi Y (19-38 tahun) dan Generasi X (39-54 tahun), dimana 2 generasi tersebut masuk dalam usia produktif yang masih menjadi masyarakat potensial dalam program inklusi keuangan. Penelitian ini menggunakan alat pengukuran berupa Structural Equation Modelling (SEM) dan T-Test untuk membandingkan 2 kelompok generasi tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan penerimaan hipotesis antara 2 generasi tersebut, sedangkan pada faktor yang sama-sama berpengaruh pada keduanya adalah : relative advantage, compability, benevolence, dan attitude. Pada uji T-Test, aspek yang paling berpengaruh pada kelompok Generasi Y adalah benevolence atau kebajikan dari perbankan, sedangkan pada kelompok Generasi X didapatkan integritas perbankan menjadi aspek paling berpengaruh terhadap niat berperilaku terhadap layanan perbankan mobile.
===================================================================================================================================
Technology is one of the things that continues to evolve, including in the banking sector. Seeing that the development of technology will make consumers demand convenience and practicality, banks are competing to offer the latest version of mobile banking services by spending a huge amount of investment funds to attract customers. Digitalization of the banking sector services provide efficiency and made it easier for customers to access services only from their smartphones, thus making banks hope that the technology offered is able to provide more customer satisfaction. Besides that, Indonesia’s financial inclusion that needs to be increased becomes another reason why this mobile-based banking has to keep penetrating so that more prospective customers are expected to gain easier banking access in the future. Based on these facts, this study was conducted by taking a case study in Surabaya City to find out the factors that influence the use of mobile banking services to two groups of generations, Generation Y (19-38 years old) and Generation X (39-54 years old), where these two generations are in the productive age who are still potential communities in financial inclusion programs. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) and T-Test as measurement tools to compare the two groups of generations. The results obtained from this study state that there are differences in the acceptance of hypotheses between these two generations, whereas the factors that affect both generations are: relative advantages, compatibility, benevolence, and attitude. For the T-Test, the most influential aspect of Generation Y is benevolence from banking, while in the Generation X group, banking integrity is the most influential aspect of the behavioral intention in mobile banking services.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.834 3 Kas p-1 |
Uncontrolled Keywords: | Perbankan Mobile, Generasi Y (Millennilas), Generasi X, Inklusi Keuangan, Minat Penggunaan, Structural Equation Modelling. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation. Logistic regression analysis. H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior. H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1393.25 Business enterprises H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Kasyidi Aditya |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 08:29 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 08:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |