Analisa Kepuasan Pelaku Transportasi Terhadap Kinerja Mobil Penumpang Umum Jurusan Bojonegoro-Babat

Chakim, Abdul (2010) Analisa Kepuasan Pelaku Transportasi Terhadap Kinerja Mobil Penumpang Umum Jurusan Bojonegoro-Babat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3106100114-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3106100114-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (79MB)

Abstract

Kebutuhan akan transportasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi, seperti adanya perkembangan dalam sektor industri, perdagangan serta sarana pendidikan. Contohnya saja perjalanan penduduk antar kota Bojonegoro-Babat yang semakin meningkat. Sehingga semakin bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota. Seiring dengan peningkatan mobilitas penduduk, maka dituntut tersedianya angkutan antar kota yang melayani rute/trayek Bojonegoro-Babat yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas penduduk tersebut. Oleh sebab itu perlu adanya perbaikan fasilitas dan kinerja dari mobil penumpang umum (MPU) jurusan Bojonegoro-Babat. Penelitian ini tentang analisa kepuasan pelaku transportasi terhadap kinerja MPU jurusan Bojonegoro-Babat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 50 penumpang, 50 pengguna jalan, 55 sopir dan 50 pemilik MPU. Identifikasi atribut pertanyaan yang akan diajukan kepada responden dilakukan dengan mengacu kepada lima dimensi kualitas jasa, yaitu tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy. Dari hasil kuesioner tersebut akan dilakukan pengolahan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada tahap akhir akan dilakukan pemetaan terhadap nilai kepuasan dan kepentingan pelaku transportasi terhadap kinerja MPU jurusan Bojonegoro-Babat dengan menggunakan analisa kuadran. Dari hasil pemetaan analisa kuadran diketahui bafma prioritas utama yang mempengaruhi kepuasan penumpang adalah tentang perilaku sopir, ketertiban dan kecepatan. Untuk pengguna jalan yang menjadi prioritas utama adalah tentang ketertiban, kepedulian dan kondisi MPU. Untuk sopir yang menjadi prioritas utama adalah jumlah penumpang, penghasilan dan jumlah setoran. Untuk pemilik MPU yang menjadi prioritas utama adalah jumlah setoran dan keuntungan tiap bulan.
=============================================================================================================================
These day demand of transportation grows continuously because many activities need transportation services, such as the existence of growth in the industrial sector, trade and education facilities. For example the mobilitation of people from Bojonegoro-Babat is increase. Thus more increase the intensity of traffic movements between cities. Besides increasing mobility of people, so it’s required the availability of inter-city transport routes Bojonegoro-Babat are expected to fill the mobility needs of these people. Hence, it need for repairing facilities and performance of public passenger vehicles (MPU) route Bojonegoro-Babat. This research is about satisfaction analisys of transportation user to performance public passanger vehicles route Bojonegoro-Babat. The data was collected using questionnaire consists of 50 passengers, 50 road users, 55 drivers and 50 owners of the MPU. Identify of the questions attributes of the will be presented to respondents was conducted is reference to the five dimensions of service quality, which is tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The results of these questionnaires will be processed using the data validity and reliability test. In the last step will be mapping the satisfaction values and importance transportation user to performance MPU route Bojonegoro-Babat using quadrant analysis. The results of quadrant mapping analysis are known that the main priorities give influence passenger satisfaction is on the behavior of the driver, order and speed. The user of the road which becomes the main priority is about the order, care and condition of the MPU. The driver who becomes the main priority is the amount of passengers, revenue and deposit amount. The MPU owner who becomes the main priority is the amount of deposits and profits every month.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 388 Cha a 2010
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Validitas, Reliabilitas, Analisa Kuadran, MPU jurusan Bojonegoro-Babat, Satisfaction, Validity test, Reliability test, Quadran analysis, MPU Route Bojonegoro- Babat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:17
Last Modified: 23 Nov 2022 08:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95122

Actions (login required)

View Item View Item