Hasnalala, Adinda Razana (2023) Pengembangan Prototipe Robot Asistif untuk Pembelajaran Interaktif bagi Penyandang Disabilitas Intelektual. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
07311940000043-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Disabilitas intelektual merupakan disabilitas yang muncul pada seseorang di usia kurang dari 18 tahun serta ditandai dengan keterbatasan yang signifikan baik dalam fungsi intelektual maupun dalam perilaku adaptif dimana mencakup banyak keterampilan sosial dan praktis sehari-hari. Kondisi ini menjadikan persoalan tersendiri dalam pemberian pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak dengan disabilitas intelektual. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dirancang sebuah pembelajaran interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan disabilitas intelektual dan autism ringan yang sederhana menggunakan bantuan robot sehingga dapat meningkatkan minat belajar serta mempermudah dalam mendidik anak dengan disabilitas intelektual. Robot tersebut berbentuk mobil yang dijalankan menggunakan kontrol joystick untuk membaca QR- Code yang ada pada kartu pembelajaran menggunakan kamera. Pada robot juga terdapat layar LCD dan audio speaker untuk menampilkan serta menyuarakan hasil pembacaan. Pembandingan metode pembelajaran konvensional dengan metode pembelajaran menggunakan robot digunakan untuk melihat tingkat keefektifan robot. Data dianalisis menggunakan fuzzy logic dan evaluasi dari kedua metode pembelajaran tersebut, diketahui kemampuan kognitif meningkat ketika menggunakan intervensi menggunakan robot dibandingan dengan pembelajaran konvensional. Keefektifan ini juga didukung dari data hasil kuesioner dan wawancara kepada guru pengajar subjek menunjukkan bahwa pembelajaran dengan robot dapat memudahkan guru dalam mendidik anak dengan disabilitas intelektual, cara kerja robot tersebut efektif meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan disabilitas intelektual, dan robot dapat membantu kemandirian anak dengan disabilitas intelektual. Penilaian performansi subjek oleh guru pengajar juga menjadi pertimbangan hasil akhir pembelajaran. Hasil Penelitian tersebut didukung dengan nilai rata-rata pembelajaran robot yang lebih baik dan lebih konsisten yaitu 80,5 ± 22, 99 dibandingkan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 57,5 ± 29,61.
==================================================================================================================================
Intellectual disability is a disability that appears in someone under the age of 18 and is characterized by significant limitations both in intellectual functioning and in adaptive behavior which includes many social and practical daily skills. This condition creates a separate problem in providing learning according to the needs of each child with intellectual disabilities. Therefore, in this study an interactive group learning was designed to be able to improve the cognitive abilities of children with simple intellectual disabilities using the help of robots so as to increase interest in learning and make it easier to educate children with intellectual disabilities. The robot is in the form of a car that is run using a joystick control to read the QR-Code on the learning card using a camera. The robot also has an LCD screen and an audio speaker to display and voice the reading results. Comparison of conventional learning methods with learning methods using robots is used to see the level of effectiveness of robots. Data were analyzed using fuzzy logic and evaluation of the two learning methods, it was found that cognitive abilities increased when using interventions using robots compared to conventional learning. This effectiveness is also supported by data from questionnaires and interviews with subject teachers showing that learning with robots can facilitate teachers in educating children with intellectual disabilities, the way these robots work effectively improves the cognitive abilities of children with intellectual disabilities, and robots can help the independence of children with intellectual disabilities. Assessment of the subject's performance by the teaching teacher is also a consideration of the final results of learning. The results of this study are supported by the better and more consistent average value of robot learning, namely 80.5 ± 22.99 compared to conventional learning with an average value of 57.5 ± 29.61.
Actions (login required)
View Item |