Pengaruh Perbedaan Kualitas Argumen dan Simbol Religius terhadap Sikap dan Niat Membeli Konsumen di E-Commerce (Studi Eksperimen Produk Makanan Halal pada Konsumen Muslim Indonesia)

Sidik, Mardhatilla Pefiza (2018) Pengaruh Perbedaan Kualitas Argumen dan Simbol Religius terhadap Sikap dan Niat Membeli Konsumen di E-Commerce (Studi Eksperimen Produk Makanan Halal pada Konsumen Muslim Indonesia). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
09111440000044-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permintaan produk makanan halal di Indonesia yang meningkat secara signifikan telah membuka pasar produk makanan halal semakin lebar termasuk penjualan produk makanan halal melalui e - commerce. Untuk memastikan kehalalan produk makanan yang mereka beli secara online maka konsumen membutuhkan informasi dari penjual yaitu informasi kehalalan produk berupa argumen penjual dan adanya simbol religius (logo halal) pada kolom deskripsi produk di website e-commerce sehingga penting bagi penjual untuk memiliki strategi yang baik pada kualitas argumen dan simbol religius (logo halal) yang ditampilkan di website e-commerce. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perbedaan kualitas argumen dan simbol religius terhadap sikap dan niat membeli konsumen di e-commerce khususnya pada produk makanan halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Penyebaran kuisioner dilakukan dengan metode online kepada 150 responden beragama Muslim berusia 19 – 41 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis Analysis of Variance (ANOVA), simple linear regression, dan Analysis of Covariance (ANCOVA) untuk menguji hipotesis. Temuan dari penelitian ini adalah sikap konsumen pada produk makanan halal akan lebih baik bila dihadapkan dengan kualitas argumen kuat daripada kualitas argumen lemah, sikap konsumen pada produk makanan halal akan lebih baik bila terdapat logo halal dibandingkan tidak terdapat logo halal, sikap konsumen pada produk makanan halal secara positif mempengaruhi niat membeli konsumen pada produk makanan halal, sikap konsumen pada produk makanan halal akan lebih baik bila dihadapkan dengan kualitas argumen kuat dan terdapat logo halal. Ditemukan pada penelitian bahwa pada kualitas argumen yaitu penulisan bahan baku makanan dan pernyataan bahwa produk tersebut telah tersertifikasi halal menjadi faktor yang sangat penting yang menentukan sikap konsumen dibandingkan pada kualitas argumen lemah yang hanya mencantumkan bahwa produk diproduksi pada perusahaan yang terpercaya memproduksi makanan halal. Selain itu, pada manipulasi simbol religius ditemukan bahwa logo halal MUI lebih menyakinkan bagi konsumen. ======================================================================================================== The increasing demand for halal food products in Indonesia has opened up a wider market for halal food products including sales through e-commerce. To ensure that the food product which they are going to buy online is halal, customer needs information from the seller in form of seller’s argument of the product and religious symbol (halal logo) on product description column of the e-commerce website. It is really important for the seller to have a good strategy on argument quality and religious symbol (halal logo) on the e-commerce website. Therefore, this study aims to see the effect of different argument quality and religious symbol on customer attitude and purchase intention on e-commerce specifically halal food product. The research method used in this research is experimental design with sampling technique using cluster sampling. The distribution of questionnaire was done online on 150 Muslim respondent aged 19 - 41 years old. This study uses Analysis of Variance (ANOVA), simple linear regression, and Analysis of Covariance (ANCOVA) for testing the hyphotheses. The findings of this study are consumer attitudes on halal food products would be better if faced with strong argument quality rather than low argument quality, consumer attitudes on halal food products would be better if there is halal logo rather than there is no halal logo, consumer attitudes on halal food product positively affect consumer purchase intentions on halal food products, consumer attitudes on halal food products will be better if faced with strong argument quality and halal logo. It is found on the study that the most important factor on strong argument quality are writing the ingredients of the product and the statement that the product has been halal certified that determines the attitude of the consumer compared to weak argument quality that implies the product is produced in a halal trusted company. In addition, for manipulation of religious symbol, it is found that the MUI's halal logo is convincing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 381.142 Sid p-1 3100018078682
Uncontrolled Keywords: Kualitas Argumen, Muslim, simbol religius, logo halal, sikap, niat membeli produk, e-commerce, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance
H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mardhatilla Pefiza Sidik
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:02
Last Modified: 01 Dec 2020 02:02
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/56099

Actions (login required)

View Item View Item