Determinan Kepuasan dan Performa Merchant dalam Menggunakan Layanan Mobile Payment. Studi Kasus: Merchant OVO di Surabaya

Ar-Robi, Muhammad Ridho (2019) Determinan Kepuasan dan Performa Merchant dalam Menggunakan Layanan Mobile Payment. Studi Kasus: Merchant OVO di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09111540000035-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, layanan mobile payment di Indonesia telah berkembang, khususnya banyaknya pelaku bisnis yang telah menjadi merchant pada layanan mobile payment di Surabaya. Salah satu layanan mobile payment di Indonesia yang memiliki merchant terbanyak adalah OVO. Saat ini OVO sudah memiliki sekitar 300.000 merchant yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan dan performa merchant dalam menggunakan layanan mobile payment OVO. Tujuan tersebut diselesaikan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Selain itu tujuan penelitian yang lainnya adalah untuk mengetahui klasifikasi usaha yang sesuai dalam menggunakan layanan mobile payment sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan performa bagi merchant OVO. Untuk tujuan tersebut dapat diselesaikan menggunakan metode ANOVA. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah conclusive descriptive – multi cross sectional. Pada penelitian ini, jumlah responden yang didapatkan sebesar 180 merchant, dengan kriteria merchant pengguna OVO di Surabaya dalam kurun waktu satu bulan. Jumlah responden yang didapatkan telah sesuai dengan yang ditargetkan. Berdasarkan analisis SEM didapatkan hasil yang menyatakan bahwa kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan dari merchant OVO. Sedangkan tingkat performa merchant dipengaruhi oleh kepuasan pengguna dan task technology fit. Sedangkan hasil dari uji ANOVA menyatakan bahwa tidak ada perbedaan data yang didapatkan pada kelompok merchant yang berada di kelompok usaha mikro kecil dan usaha menengah atas, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua kelompok usaha dapat menggunakan OVO untuk meningkatkan performanya. ================================================================================================ In this era, mobile payment services in Indonesia has been rapidly increase and many businesses in Surabaya have become merchants on the mobile payment services. One of the big mobile payment services in Indonesia is OVO. In this era, OVO has around 300,000 merchants spread throughout Indonesia, including Surabaya. The purpose of this study is to determine the factors that affect the level of satisfaction and performance of the merchant in term using OVO. Those purpose was processed use the Structural Equation Model (SEM) method. In addition, the other research objective was to find out the appropriate business classification using mobile payment services to increase satisfaction and performance OVO merchants. Those aim, can be processed use ANOVA method. The research design used in this study is conclusive descriptive - multi cross sectional. In this study, the number of respondents obtained are180 merchants with the criteria of OVO user merchants in Surabaya within one month. The number of respondents obtained was in equal with the target. Based on SEM analysis, the results show that information quality, system quality and service quality have a positive influence on the satisfaction of OVO merchants. While the level of merchant performance is influenced by user satisfaction and task technology fit. While the results of the ANOVA test stated that there were no differences in the data obtained at the merchant group in the small micro business group and the upper middle class business, so it could be concluded that all business groups could use OVO to improve their performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.834 3 Arr a-1 2019
Uncontrolled Keywords: ANOVA, Kepuasan Pengguna, Merchant, OVO, Performa, SEM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Ridho Ar-Robi
Date Deposited: 05 Nov 2021 09:44
Last Modified: 05 Nov 2021 09:44
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/61398

Actions (login required)

View Item View Item