Pengaruh Manfaat Promosi Penjualan Terhadap Ekuitas Merek : Studi Kasus Coffee Toffee

SAFIRA, AIDA (2020) Pengaruh Manfaat Promosi Penjualan Terhadap Ekuitas Merek : Studi Kasus Coffee Toffee. Other thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111640000114-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
09111640000114-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fenomena pertumbuhan konsumsi kopi merupakan trend yang menjamur beberapa tahun terakhir di kalangan masyarakat Indonesia. Kopi telah menjadi bagian intrinsik di kehidupan sehari-hari yang telah menyebabkan banyak kedai kopi bermunculan di beberapa kota besar. Pada Agustus 2019, jumlah kedai kopi di Indonesia meningkat menjadi 2950 gerai yang mana telah meningkat hampir tiga kali lipat dari 2016 yang angkanya diperkirakan hanya sekitar 1000 gerai. Coffee Toffee merupakan kedai kopi lokal yang berada dibawah PT. Coffee Toffee Indonesia yang berdiri pada tahun 2006 dengan misi memberikan edukasi mengenai kualitas kopi lokal kepada masyarakat Indonesia. Bersaing di target pasar menengah ke atas, saat ini Coffee Toffee belum mencapai apa yang dicita-citakannya, yaitu menjadi Top of Mind pada kategori coffee chain. Menurut penghargaan Top Brand 2019, Coffee Toffee belum mencapai 3 besar. Maka, untuk mencapai cita citanya dalam menjadi top of mind serta mengahadapi tantangan persaingan yang ada, Coffee Toffee harus berupaya untuk menggeser index mereknya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh manfaat promosi yang dibagi kedalam hedonis dan utilitarian terhadap ekuitas merek. Pengumpulan data dilakukan menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner secara online. Kuesioner online disebarkan kepada 180 sampel yang menjadi pelanggan Coffee Toffee yang pernah menggunakan promosinya. Selanjutnya data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan Customer Loyalty Index (CLI). Penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat utilitarian dari promosi Coffee Toffee berpengaruh signifikan pada ekuitas merek. Sedangkan, manfaat promosi hedonis Coffee Toffee tidak berpengaruh pada ekuitas merek. Selain itu, temuan yang didapat dari analisis CLI adalah pelanggan Coffee Toffee termasuk loyal. Terdapat beberapa implikasi manajerial yang dapat diterapkan Coffee Toffee yaitu dengan mengutamakan dan mempertahankan manfaat dari promosi utilitarian dengan memperhatikan karakteristik pelanggan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Coffee Toffee perlu meningkatkan performa program keanggotaan.

Kata kunci: Coffee Toffee, promosi penjualan, ekuitas merek, manfaat hedonis, manfaat utilitarian, SEM, CLI

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Coffee Toffee, promosi penjualan, ekuitas merek, manfaat hedonis, manfaat utilitarian, SEM, CLI Coffee Toffee, sales promotion, brand equity, hedonic benefit, utilitarian benefit, SEM, CLI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB846.2 Cost benefit analysis
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1393.25 Business enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aida Safira
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:03
Last Modified: 09 Jun 2023 15:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78070

Actions (login required)

View Item View Item