ANALISIS PENGARUH PEMESANAN TIKET PESAWAT BERBASIS WEBSITE TERHADAP INTENSI PENGGUNA SECARA BERKELANJUTAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS: TRAVELOKA, TIKET.COM DAN PEGIPEGI.COM)

Rini, Agustina Panca (2020) ANALISIS PENGARUH PEMESANAN TIKET PESAWAT BERBASIS WEBSITE TERHADAP INTENSI PENGGUNA SECARA BERKELANJUTAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS: TRAVELOKA, TIKET.COM DAN PEGIPEGI.COM). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211640000081-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Dalam perkembangan teknologi informasi yang sedangdiminati oleh masyarakat kini bergerak sangat cepat dengan jaringan bisnisdunia yang mengarah pada efektivitas dan efisiensi suatu bisnis. Perkembanganteknologi informasi telah mengubah pola interaksi masyarakat mulai dari yangtradisional menjadi modern sehingga dapat mengarahkan para pelaku bisnimemberikan kemudahan akses informasi dengan meningkatkan penggunaaanteknologi kepada konsumen. Sangat disadari dengan adanya perkembanganteknologi dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan, salah satu diantaranyaadalah akses internet. Pertumbuhan pengguna internet yang signifikan dIndonesia telah mengubah pola interaksi masyarakat tradisional menjadmodern diawali dengan melakukan belanja secara online. Dengan adanyaperubahan perilaku konsumen, maka pelaku bisnis diperintahkan untukmeningkatkan kualitas pelayanan melalui media elektronik agar dapamempertahankan bisnis serta memberikan kemudahan akses informasi kepadakonsumen menggunakan website. Pengguna internet yang pernah melakukanpembelian tiket secara online sebanyak 25,7% atau 34,1 juta pengguna. Dardata tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase konsumen yang inginmembeli flight ticket airlines secara online sehingga konsumen digital lebihmemilih untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pada bidang pariwisata. Permasalahan: Masalah yang dihadapi oleh pengguna travel adalah pelanggan lebih cenderung untuk berpergian lebih jauh, lebih lama dan sering menggunakan layanan travel tersebut. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang memilih travelling saat liburan setiap akhir pekan, para wisatawan akan lebih mudah memperoleh informasi dan mengefesienkan waktu, tempat, biaya serta menjaga kualitas layanan. Dengan adanya perubahan perilaku konsumen, maka pelaku bisnis tradisional berubah menjadi modern diperintahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui media elektronik agar dapat mempertahankan bisnis serta memberikan kemudahan akses informasi kepada konsumen menggunakan website. Bisnis industri travel di Indonesia semakin marak dengan adanya penyedia layanan tiket penerbangan secara online sehingga aktivitas pemesanan flight ticket airlines saat ini sedang diminati masyarakat dengan inovasi yang telah diberikan oleh perusahaan. Perkembangan e-commerce di Indonesia memiliki pengaruh besar terhadap kebiasaan masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi salah satu faktor bahwa pemesanan tiket secara online menggunakan website akan lebih mudah dengan akses internet. Perkembangan teknologi akan terus meningkat dari layanan yang diberikan untuk pengguna melakukan pembelian flight ticket airlines melalui chrome, mozilla dan lainnya dengan mengakses halaman website flight ticket airlines yang tersedia melalui Web Based Self Service. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran terhadap variabel yang dapat memberikan pengaruh untuk mendorong kepercayaan dan intensi pelanggan dalam bertransaksi dalam hal memesan tiket pesawat melalui website, serta mengetahui faktor apa saja yang dapat berpengaruh pada intensi pelanggan secara berkelanjutan sebagai saran untuk penelitian selanjutnya. Tujuan: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi intensi pelanggan secara berkelanjutan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat melalu website agar menyakinkan peanggan harus membeli produk tersebut serta dapat memberikan pengaruh saran variabel untuk flight ticket airlines pada penelitian selanjutnya. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan model Web Based Self Service (WBSS). Variabel yang digunakan adalah variabel yang terdapat pada Information System Success (ISS Model), Technology Acceptance Model dan Partial Least Square. Pengumpulan data diambil dengan melakukan kuisioner dengan target responden minimal 200 orang yang telah menggunakan Web Based Self Service (WBSS) berdasarkan kualitas, kepuasan dan niat penggunaan secara berkelanjutan. Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel WQC memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap CUI sebesar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flight Ticket Airlines, Structural Equation Modelling, Web Based Self Service, Costumer-focused value proposition, Intention to Use
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1393.25 Business enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
H Social Sciences > HF Commerce > HF5416.5 Pricing
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce.
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agustina Panca Rini
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:51
Last Modified: 14 Aug 2020 07:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78194

Actions (login required)

View Item View Item