Mahdiya, Lisha Prizella (2020) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Intensi Pelanggan Berkelanjutan Pada Pengguna Online Hotel Booking Berbasis Website Dengan Structural Equation Modelling (Studi Kasus: Agoda, Airyrooms, dan Booking). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000133-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
onteks: Pesatnya perkembangan teknologi di dunia internet telah memicu penggunaan e-commerce di berbagai elemen masyarakat. Kegiatan belanja maupun transaksi online tumbuh secara signifikan seiring meningkatnya ketertarikan konsumen untuk melakukan pembelian dan aktivitas jual-beli secara online. Sejalan dengan perkembangan tersebut, perusahaan e-commerce juga terus mengalami perkembangan melalui penerapan Web-based Self-Service (WBSS). Perkembangan ini memengaruhi perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan kompetitornya dan meningkatkan intensi pelanggan secara berkelanjutan pada perusahaan. Permasalahan: Saat ini telah banyak platform penyedia layanan online hotel booking yang ada di Indonesia. Namun tingkat adopsi penyedia layanan online hotel booking masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena banyaknya kompetitor yang menjadi tantangan berat bagi penyedia layanan untuk mempertahankan pengguna online hotel booking melalui penerapan WBSS. Oleh sebab itu, perlu dilakukan identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi intensi pelanggan pada layanan online hotel booking melalui penerapan WBSS dan meningkatkan kualitas layanan online hotel booking serta faktor lain yang dapat berpengaruh sebagai saran penelitian selanjutnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan struktural faktor-faktor yang memengaruhi intensi pelanggan melalui penerapan WBSS untuk melakukan pembelian kembali menggunakan platform online hotel booking melalui website serta memberikan rekomendasi pengembangan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan online hotel booking sebagai upaya untuk meningkatkan intensi penggunaan berkelanjutan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan analisis Structural Equation Modelling dengan model penelitian yang telah dikembangkan oleh Shu-Mei Tseng. Variabel yang digunakan adalah variabel yang terdapat pada Perceived WBSS Use Characteristics dan Perceived WBSS Quality Characteristics. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan jumlah responden 247 orang. Hasil yang dicapai: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang memengaruhi intensi pelanggan pada penerapan WBSS dalam melakukan online hotel booking. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang memiliki pengaruh signifikan dan penambahan faktor yang dapat memengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan sebagai saran untuk penelitian selanjutnya. Nilai tambah: Penelitian ini menganalisis intensi penggunaan website online hotel booking yang diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya terkait intensi pelanggan dalam menggunakan website online hotel booking serta menghasilkan rekomendasi bagi penyedia layanan online hotel booking untuk meningkatkan intensi penggunaan berkelanjutan untuk mempertahankan pengguna website online hotel booking.
========================================================================================================================
Background: The rapid development of technology in the internet world has triggered the use of e-commerce in various elements of society. Shopping activities and online transactions grow significantly as consumers' interest in buying and buying and selling activities online. In line with these developments, e-commerce companies also continue to experience growth through the implementation of Web-based Self-Service (WBSS). This development influenced the company to compete with its competitors and to increase customer intentions on an ongoing basis at the company. Problems: Currently there are many online hotel booking service provider platforms in Indonesia. However, the adoption rate of online hotel booking service providers is still relatively low. This is due to the large number of competitors that pose a tough challenge for service providers to maintain online hotel booking users through WBSS implementation. Therefore, it is necessary to identify the factors that influence customer intentions in online hotel booking services through WBSS implementation and improve the quality of online hotel booking services as well as other factors that can influence as further research suggestions. Objective: This study aims to identify structural relationships of factors that influence customer intentions through WBSS implementation to repurchase using the online hotel booking platform through the website and provide recommendations for the development of factors that significantly influence the use of online hotel booking as an effort to increase the intensity of sustainable use. Method: The method that used in this research is Structural Equation Modeling analysis with a research model developed by Shu-Mei Tseng. The variables used are the variables contained in Perceived WBSS Use Characteristics and Perceived WBSS Quality Characteristics. The data collection process was carried out by survey method with 247 respondents. Results: The results in this study are the factors that influence customer intentions in implementing WBSS in conducting online hotel bookings. In addition, this study provides recommendations for increasing factors that have a significant influence and adding factors that can affect the intentions of sustainable use as a suggestion for further research. Value-added: This value added in this research analyzes the intention to use online hotel booking websites which are expected to be a reference for further research related to customer intentions to use online hotel booking websites and to produce recommendations for online hotel booking service providers to increase the intensity of ongoing use to maintain online hotel booking website users.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Intensi Pelanggan, Intensi Penggunaan Berkelanjutan, Online Hotel Booking, Penerapan WBSS, Structural Equation Modelling |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.32 Electronic commerce. T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Lisha Prizella Mahdiya |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 06:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 14:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/81348 |
Actions (login required)
View Item |