Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Pembelian Akses Premium dan Intensi Rekomendasi pada Layanan Streaming Musik untuk Memberikan Saran Strategi dengan Structural Equation Modeling

Alrifqi, Muhammad (2023) Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Pembelian Akses Premium dan Intensi Rekomendasi pada Layanan Streaming Musik untuk Memberikan Saran Strategi dengan Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000073-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000073-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong berbagai macam bidang untuk bertransformasi, tidak terkecuali industri musik. Musik yang saat ini diedarkan dalam bentuk digital memanfaatkan layanan streaming musik sebagai salah satu alternatif dimana penikmat musik dapat mengakses musik digital yang legal dan artis pemilik hak cipta dari musik menerima pemasukan dari menyediakan musik untuk layanan streaming musik. Penyedia layanan streaming musik mempertahankan bisnisnya dengan menjual akses premium dan menayangkan iklan pada saat pengguna tanpa akses premium memutar musik.
Permasalahan: Dengan tersedianya musik dalam bentuk digital, sehingga memudahkan musik untuk dibajak. Hal tersebut menyebabkan orang lebih memilih untuk membajak musik, sehingga tidak perlu membayar biaya berlangganan layanan streaming musik atau mendengarkan iklan disela-sela mendengarkan musik. Khususnya di Indonesia, dimana musik merupakan salah satu media hiburan yang sangat diminati. Dengan banyaknya penikmat musik, sehingga tidak sedikit pula masyarakat di Indonesia melakukan pembajakan untuk menikmati musik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menemukan faktor yang paling memengaruhi intensi pengguna dalam membeli akses premium layanan streaming musik dan merekomendasikannya kepada orang lain. Penelitian ini diharapkan agar dapat digunakan oleh penyedia layanan streaming musik untuk mengembangkan layanan streaming musik mereka, sehingga mereka dapat meningkatkan jumlah pengguna yang membeli akses premium pada layanan yang mereka sediakan.
Penelitian tugas akhir ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi intensi pengguna layanan streaming musik di Indonesia dalam berlangganan akses premium pada layanan streaming musik serta faktor yang memengaruhi intensi untuk memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk ikut berlangganan.
Metode: Penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan menerapkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) yang telah dimodifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring.
Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu harapan kinerja, motivasi hedonis, nilai tukar, kebiasaan, keterlibatan dan minat, perilaku terhadap pembajakan, dan kualitas konten memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap intensi untuk membeli hak akses premium pada layanan streaming musik. Sedangkan persepsi kemiripan freemium-premium, memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap intensi untuk membeli hak akses premium pada layanan streaming musik. Selain itu, didapatkan juga bahwa intensi untuk membeli hak akses premium pada layanan streaming musik dan personalisasi memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap intensi untuk merekomendasikan membeli hak akses premium pada layanan streaming musik.
Nilai Tambah: Dengan memberikan hasil faktor yang paling memengaruhi intensi pengguna membeli hak akses premium dan saran strategi terkait pengembangan layanan streaming musik, maka penelitian ini diharapkan akan dapat membantu penyedia layanan streaming musik untuk dapat meningkatkan penjualan hak akses premium pada layanan yang mereka sediakan. Penelitian ini juga diharapkan agar dapat digunakan sebagai referensi dalam mengerjakan penelitian terkait.
===================================================================================================================================
Technological developments encourage various fields to transform, and the music industry is no exception. Music that is currently distributed in digital form utilizes music streaming services as an alternative where music lovers can access legal digital music and artists who own the copyrights of music receive income from providing music for music streaming services. Music streaming service providers maintain their business by selling premium access rights and serving advertisements when users without premium access play music.
Problem: With the availability of music in digital form, making it easier for music to be pirated. This causes people to prefer pirate music, so they don't have to pay subscription fees for music streaming services or listen to advertisements while listening to music. Especially in Indonesia, where music is one of the most popular entertainment media. With so many music lovers, not a few people in Indonesia do piracy to enjoy music. Therefore, it is necessary to conduct research to find the factors that most influence user intentions in purchasing premium access to music streaming services and recommending them to others. It is hoped that this research can be used by music streaming service providers to develop their music streaming services, so that they can increase the number of users who purchase premium access on the services they provide.
Objective: This research was conducted to analyze the factors that influence the intention of users of music streaming service in Indonesia in subscribing to premium access rights on music streaming services as well as the factors that influence the intention to provide recommendations to others to subscribe.
This research was carried out using the Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method and applying the modified Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) model. Data was collected by distributing online questionnaires.
Result: The results obtained from this study are performance expectations, hedonic motivation, price value, habits, involvement and interest, behavior towards piracy, and content quality have a significant positive effect on the intention to buy premium access on music streaming services. Meanwhile, perceived freemium-premium fit has a significant negative effect on the intention to buy premium access to music streaming services. In addition, it was also found that the intention to buy premium access on music streaming and personalisation had a significant positive effect on the intention to recommend purchasing premium access on music streaming services.
Value Added: By providing the results of the factors that most influence users' intention to buy premium access rights and strategic suggestions regarding the development of music streaming services, it is hoped that this research will be able to help music streaming service providers to be able to increase sales of premium access rights for the services they provide. This research is also expected to be used as a reference in carrying out related research.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: premium access, user's intention, music streaming services, structural equation modeling, unified theory of acceptance and use of technology 2, akses premium, intensi pengguna, layanan streaming musik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services. Customer relations
M Music and Books on Music > M Music
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Alrifqi
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:58
Last Modified: 22 Jul 2023 04:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98788

Actions (login required)

View Item View Item